Lihat ke Halaman Asli

Walter Michael Manuhutu

I write about what I feel

UMKM Wajib Tahu: Serba-serbi Iklan Digital

Diperbarui: 17 Mei 2022   16:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nggak cuma jago beriklan offline dengan selebaran, poster, atau spanduk, sebagai UMKM yang udah go digital, kamu juga harus paham seluk beluk iklan yang lebih kekinian, yaitu iklan digital. Soalnya paham iklan digital penting banget dan udah jadi bagian dari ilmu digital marketing. 

Iklan digital adalah promosi yang dijalankan lewat media internet. Makanya, syarat utama buat jago beriklan secara digital, kita harus paham dulu dasar-dasar mengoperasikan internet, alias anti gaptek. Selain itu, kamu harus paham sistem dan ilmunya, karena kamu bisa mengatur secara mandiri, baik dari tujuan beriklan, format, biaya, sampai target pasar.

Format iklan digital ada macam-macam. Ada yang berbentuk audio, video, gambar, atau artikel/teks. Nah, format-format di atas nanti dipakai untuk dipasang pada jenis iklan tertentu. Apa aja? Ayo simak bareng 99% Usahaku beberapa jenis iklan digital:

  1. Iklan pencarian. Iklan yang muncul saat kita mencari sesuatu di internet. Seperti saat kamu menggunakan mesin pencari seperti Google, biasanya paling atas akan muncul website iklan yang sesuai dengan apa yang lagi kamu cari.

  2. Iklan media sosial. Iklan ini dipasangnya di media sosial, kayak di Facebook, Instagram, Tiktok, YouTube dan sebagainya.

  3. Iklan seluler. Iklan yang hanya muncul saat orang internetan pakai handphone/seluler. Biasanya diatur oleh operator berdasarkan wilayah dan dikirim ke pengguna via SMS.

  4. Native ads. Iklan berbayar yang format munculnya disesuaikan dengan website yang lagi kita kunjungi, bisa dalam format artikel, infografis, audio, video, dll. 

  5. Email marketing. Email yang dikirimkan oleh penjual/brand untuk mempromosikan produknya atau kasih info penawaran terbaru. 

  6. Remarketing. Iklan yang ditujukan buat konsumen yang sudah pernah bertransaksi atau sekedar datang ke toko online kamu.

  7. Iklan influencer dan reviewer/kurator. Iklan yang dibikin dengan kerjasama bersama influencer atau reviewer. Contoh paling gampang adalah endorse-endorse yang sering disampaikan oleh para selebgram.

Sudah tau kan sekarang, iklan digital ini macem-macem banget. Sekarang kita lihat yuk, keuntungan beriklan secara digital, yaitu:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline