Lihat ke Halaman Asli

Wahyu Abdi

Mahasiswa universitas Muhammadiyah Riau

Peran Akuntansi Perilaku Keputusan Perusahaan dalam Menghadapi Pandemi

Diperbarui: 23 Januari 2022   19:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis : Wahyu Abdi dan Ryan subagya

Pendahuluan : 

 COVID-19 adalah penyakit akibat infeksi virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia . Pandemi merupakan sebuah virus yang telah menyebar di seluruh dunia , kasus pertama kali terjadi di wuhan cina. akibat adanya covid -19 ini tedapat adanya peraturan pembatasan akitivitas masyarakat sebagai upaya memutuskan mata ratai covid ini . 

 Seiring dengan perkembangan covid ini banyak perlemahan usaha dan penurunan ekonomi dalam waktu yang relatif singkat berdampak pada operasional perusahaan . pendapatan perushaan semakin lama semakin menurun sehingga membuat perusahaan mulai kesulitan membiayai pengeluaran operasional perusahaan . 

  

 Menurut saiful selaku pengamat kebijakan public dan perusahaan meyebutkan ada tiga dampak besar pandemic covid 19 ini bagi perekonomian Indonesia antara lain , dampak pertama adalah melemahnya daya beli ,menimbulkan ketidak pastian terhadap kapan berakhirnya sehinggan di bidang investasi juga ikut melemah , dan yang terakhir menyebab kan harga komoditas turun . 

 Semakin berkembangnya suatu zaman makan ilmu akan semakin berkembang juga , begitupun dengan ilmu akuntansi berkembang menajdi ilmu akuntansi perlaku . ilmu akuntansi perilaku ini mempelajari aspek manusia berguna untuk pengambilan suatu keputusan . akutansi perlaku ini sangat penting bagi perusahaan dalam menghadapi pandemic ini 

PEMBAHASAN :

 Dampak covid 19 dapat terlihat dari beberapa kebijakan atau keputusan perusahaan yang dipilih sebagai upaya untuk mengahdapi pandemi ini . beberapa keputusan berupa pemotongan kaji , dan penutupan tempat usaha secara sementara . hal ini bisa terjadi karna perusahaan sedang menghadapi masa masa sulit di sector keuangan , dan sayang nya beberapa keputusan perusahaan menimbulkan sebuah polemik antara perusahaan dan tenaga kerja karna di berhentikan secara sepihak atau disebut dengan PHK . sebelum perusahaan mengambil sebuah keputusan harus benar benar di pikirkan secara matang . adapun beberapa pertimbangan yang harus di lihat sebelum melakukan keputusan :

1.Berkomunikasi atau berdiskusi

 Sebelum sebuah perusahaan mengambuil sebuah keputusan , maka harus komukasikan atau berdiskusi terlebih dauhulu dengan tenaga kerja , sebab dengan komuniaksi tersebut dapat mengetahui jalan terbaik dari masing masing pihak , dari pada asal langsung PHK tenaga kerja .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline