Mohon tunggu...
Wahyu Abdi
Wahyu Abdi Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa universitas Muhammadiyah Riau

Mahasiswa universitas Muhammadiyah riau

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Akuntansi Perilaku Keputusan Perusahaan dalam Menghadapi Pandemi

23 Januari 2022   19:28 Diperbarui: 23 Januari 2022   19:34 441 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis : Wahyu Abdi dan Ryan subagya

Pendahuluan : 

 COVID-19 adalah penyakit akibat infeksi virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). COVID-19 dapat menyebabkan gangguan sistem pernapasan, mulai dari gejala yang ringan seperti flu, hingga infeksi paru-paru, seperti pneumonia . Pandemi merupakan sebuah virus yang telah menyebar di seluruh dunia , kasus pertama kali terjadi di wuhan cina. akibat adanya covid -19 ini tedapat adanya peraturan pembatasan akitivitas masyarakat sebagai upaya memutuskan mata ratai covid ini . 

 Seiring dengan perkembangan covid ini banyak perlemahan usaha dan penurunan ekonomi dalam waktu yang relatif singkat berdampak pada operasional perusahaan . pendapatan perushaan semakin lama semakin menurun sehingga membuat perusahaan mulai kesulitan membiayai pengeluaran operasional perusahaan . 

  

 Menurut saiful selaku pengamat kebijakan public dan perusahaan meyebutkan ada tiga dampak besar pandemic covid 19 ini bagi perekonomian Indonesia antara lain , dampak pertama adalah melemahnya daya beli ,menimbulkan ketidak pastian terhadap kapan berakhirnya sehinggan di bidang investasi juga ikut melemah , dan yang terakhir menyebab kan harga komoditas turun . 

 Semakin berkembangnya suatu zaman makan ilmu akan semakin berkembang juga , begitupun dengan ilmu akuntansi berkembang menajdi ilmu akuntansi perlaku . ilmu akuntansi perilaku ini mempelajari aspek manusia berguna untuk pengambilan suatu keputusan . akutansi perlaku ini sangat penting bagi perusahaan dalam menghadapi pandemic ini 

PEMBAHASAN :

 Dampak covid 19 dapat terlihat dari beberapa kebijakan atau keputusan perusahaan yang dipilih sebagai upaya untuk mengahdapi pandemi ini . beberapa keputusan berupa pemotongan kaji , dan penutupan tempat usaha secara sementara . hal ini bisa terjadi karna perusahaan sedang menghadapi masa masa sulit di sector keuangan , dan sayang nya beberapa keputusan perusahaan menimbulkan sebuah polemik antara perusahaan dan tenaga kerja karna di berhentikan secara sepihak atau disebut dengan PHK . sebelum perusahaan mengambil sebuah keputusan harus benar benar di pikirkan secara matang . adapun beberapa pertimbangan yang harus di lihat sebelum melakukan keputusan :

1.Berkomunikasi atau berdiskusi

 Sebelum sebuah perusahaan mengambuil sebuah keputusan , maka harus komukasikan atau berdiskusi terlebih dauhulu dengan tenaga kerja , sebab dengan komuniaksi tersebut dapat mengetahui jalan terbaik dari masing masing pihak , dari pada asal langsung PHK tenaga kerja .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan