Lihat ke Halaman Asli

Public Speaking: Kata Mbahnya, “Biar Dagangannya Laris...”

Diperbarui: 24 Juni 2015   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Berbicara, merupakan suatu saat dimana kita harus mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran kita tentang suatu hal. Entah itu kepada diri sendiri yang terkadang kita sendiri saja, tak bisa memahami apa yang kita inginkan sebenarnya. Entah juga kepada orang - orang terdekat kita misalnya orang tua, sanak keluarga, sahabat, maupun kekasih yang seringkali menjadi tempat untuk mencurahkan segala yang ada dalam pikiran kita. Pun saat kita harus menyampaikan segala pemikiran kita di hadapan orang lain dalam jumlah puluhan, bahkan ratusan atau yang sering disebut dengan publik. Ya, dan itulah yang disebut dengan public speaking.

Public speaking merupakan suatu kegiatan untuk menyampaikan sebuah pemikiran ataupun informasi dari seorang informan atau komunikator, kepada penerima yang dalam hal ini adalah publik sebagai komunikannya. Public speaking sebagai bagian dari retorika atau seni berbicara di hadapan publik, bertujuan untuk mempengaruhi orang lain akan pemikiran kita maupun untuk membuat orang lain mengerti akan informasi yang kita sampaikan.

Dewasa ini, masayarakat sebagai publik pun kian menyadari pentingnya public speaking bagi kehidupan mereka. Ya, dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja perusahaan, hingga para pedagang kaki lima sekalipun, mulai menyadari pentingnya public speaking. Meskipun terkadang, mereka tidak menyadari bahwa yang mereka lakukan merupakan bagian dari praktik public speaking.

Dalam sebuah seminar yang diadakan oleh jurusan Ilmu Perikanan, fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 11 November 2012 lalu, disajikan sebuah video dokumenter. Dimana video ini menyajikan hasil penelusuran para mahasiswa jurusan Ilmu Perikanan UGM, terhadap pengetahuan masyarakat tentang public speaking. Penelusuran ini dilakukan di pasar Keranggan, Yogyakarta. Karena lokasi yang dipilih adalah pasar, tentu objeknya adalah para pedagang yang berjualan di pasar tersebut. Entah itu pedagang yang masih muda, bahkan yang sudah renta sekalipun. Dan hasilnya, cukup membuat para peserta seminar terbahak.

Ada dua orang pedagang buah yang diwawancarai. Dimana seorang merupakan pria yang masih muda, dan seorang lagi seorang nenek yang telah paruh baya. Keduanyapun nampak kebingungan ketika ditanya, "Apakah mengetahui tentang istilah public speaking?." Sang pria menjawab, "Saya gak pernah denger". Dan pada adegan selanjutnya dimana ketika dijelaskan public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan umum, pria tersebut menyebutkan "Ya untuk berkomunikasi dengan pelanggan biar akrab, dan banyak pelanggannya."

Sedangkan sang nenek menjawab dengan menggelikan. Ketika ditanya, "Apakah tau tentang public speaking?," nenek tersebut justru menjawab, "Pabrik?," dengan nada penuh tanda tanya. Ketika ditanya dengan pertanyaan yang sama untuk kedua kalinya, jawabannya pun sama bahkan dengan tawa karena nenek tersebut benar-benar tidak tahu. Namun setelah dijelaskan bahwa public speaking merupakan kemampuan untuk berbicara di depan umum, nenek tersebut lantas menyebutkan, "Ya biar laris."

Ya, negosiasi dan promosi dalam proses transaksi jual beli, memang merupakan bagian dari public speaking. Selintas dari ilustrasi di atas, bahwa pada dasarnya setiap orang telah mempunyai kemampuan dalam public speaking meski tanpa mereka sadari dan ketahui. Dan merekapun senantiasa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari - hari.

Kalangan mahasiswa khususnya, kian menyadari betapa pentingnya public speaking bagi mereka diera dewasa ini. Dan kini, public speaking tak hanya menjadi sebuah kemampuan yang wajib dimiliki oleh para mahasiswa komunikasi ataupun ilmu komunikasi dengan spesialisasi public relations semata. Namun lebih jauh, public speaking telah menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh seluruh mahasiswa dari jurusan dan konsentrasi apapun.

Terutama bagi mereka yang berorientasi untuk terjun dalam dunia industri baik untuk lolos wawancara kerja dalam sebuah perusahaan, maupun bagi mereka yang berorientasi bisnis secara mandiri sehingga harus lihai untuk melakukan promosi. Tentunya, semua itu membutuhkan kemampuan public speaking yang mumpuni. Dan penyelenggaraan seminar public speaking oleh jurusan Ilmu Perikanan ini menjadi sebuah bukti pentingnya kemampuan public speaking dimasa sekarang.

Namun tentunya, kelihaian dalam ber-public speaking tidak bisa dimiliki secara instan. Butuh latihan yang cukup panjang, untuk bisa tampil sempurna dalam praktik public speaking. Dan inilah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk bisa lihai dalam public speaking menurut Ridwan Saptoto, S. Psi, P. Si, M.A. , selaku dosen psikologi UGM.

1. Hilangkan rasa gugup.

Dimana perhatian terfokus, maka perhatian itu ada. Sebenarnya rasa gugup itu perlu agar kita waspada, namun harus sesuai porsinya. Karena semakin kita fokus pada rasa gugup itu, maka kita akan semakin gugup.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline