Lihat ke Halaman Asli

Ofi Sofyan Gumelar

TERVERIFIKASI

ASN | Warga Kota | Penikmat dan rangkai Kata

Mengenal Lebih Dekat Produk-produk Inovatif Balitbang PUPR di CFD Dago

Diperbarui: 5 Desember 2017   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu poster yang dipresentasikan dalam acara Publikasi Produk Litbang Terpadu (Sumber: Dokpri)

Dulu saya selalu menganggap ilmuwan dan peneliti itu bagaikan bekerja di atas menara gading yang tak tersentuh. Kadang saya mencibir mereka bekerja hanya pakai kacamata kuda, mengulik disiplin ilmu spesialisasinya tanpa melihat problem dan kebutuhan masyarakat sekitarnya. Anggapan ini tak lain karena saya sering mengamati bahwa hasil kerja mereka seolah hanya berputar diranah ilmiah, terlalu teknis dan akademis sehingga nyaris tak menyentuh kebutuhan masyarakat terkini.

Namun, anggapan tersebut pupus saat saya mengikuti Acara Publikasi Produk Litbang Terpadu yang diselenggarakan Balitbang PUPR hari minggu (19/11/2017) kemarin. Apa pasalnya?  

Matahari masih malu-malu memancarkan sinarnya ketika saya melangkah keluar dari mobil travel yang mengantar saya dari Purwakarta menuju kota kembang ini. Dari Baltos, lokasi pool travel yang saya tumpangi, saya segera berjalan menuju kawasan Car Free Day di sekitaran jalan IR. H. Djuanda, Dago Bandung.

Minggu pagi itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BalitbangPUPR) menyelenggarakan acara Publikasi Produk Litbang Terpadu yang mengambil lokasi di Eduplex Dago, yang kebetulan berada di kawasan tempat digelarnya Car Free Day. Saya bersama kompasianer lainnya diundang untuk mengikuti acara tersebut.

Acara yang bertajuk "Ciptakan Lingkungan Sehat Dengan Inovasi BALITBANG" ini dikemas cukup variatif. Beragam acara digelar di acara yang diselenggarakan dalam rangka Hari Bakti PU Ke-72 ini. Sebut saja, ada jalan santai, games, senam aerobik dan zumba, live musik akustik, photobooth dan diskusi ringan seputar produk inovatif yang dihasilkan BalitbangPUPR.

Keseruan Acara BalitbangPUPR di CFD Dago (Sumber: Dokpri)

Saya membawa pertanyaan dan rasa penasaran ke acara ini, apakah produk peneliti di BalitbangPUPR ini serupa dengan mereka yang bekerja di kampus-kampus akademis atau lembaga peneliti yang kadangkala tak bisa diaplikasikan secara langsung? Apakah hasil kerja mereka serupa para pemenang nobel kimia dan fisika yang tak bisa saya pahami?

Tak perlu menunggu lama, pertanyaan dan rasa penasaran saya tersebut sedikit terjawab bahkan semenjak saya tiba di lokasi acara. Saya melihat ada beragam poster produk BalitbangPUPR yang dipamerkan di sepanjang jalan di depan lokasi acara. Ketika membaca informasi yang ditulis dalam poster-poster tersebut, saya dibuat kaget.

Ada sekitar tujuh atau delapan poster yang disebar di sekitar lokasi acara. Poster-poster tersebut menampilkan produk-produk inovatif yang dihasilkan para peneliti di BalitbangPUPR. Sebut saja sebagian diantaranya; RISHA  berupa Rumah layak huni dan terjangkau yang dapat dibangun dengan sistem modular layaknya bongkar pasang lego, ABDULAH berupa akuifer buatan daur ulang air hujan yang bermanfaat untuk menyuplai ketersediaan air wudhu di mushola atau langgar, atau Teknologi campuran aspal plastik yang memanfaatkan limbah plastik kresek sebagai bahan campuran aspal.

Beragam produk hasil penelitian BalitbangPUPR dipresentasikan di CFD Dago (Sumber: dokpri)

Selain poster, satu benda yang mencolok mata adalah sebuah kotak bank sampah berwarna hijau yang ditempatkan di trotoar persis di depan Eduplex. Selain untuk menampung sampah pengunjung Car Free Day, kotak ini juga difungsikan untuk menampung sampah hasil gerakan pungut sampah para peserta jalan santai. Nantinya plastik-plastik yang terkumpul akan dijadikan bahan untuk campuran aspal plastik.

Peserta jalan santai HarbakPU memasukkan sampah yang dikumpulkan sepanjang jalan untuk kemudian dijadikan bahan campuran aspal plastik (sumber: dokrpri)

Yang membuat saya kaget adalah produk-produk penelitian mereka begitu aplikatif, prinsipnya sederhana, dan yang pasti mampu menjadi solusi bagi permasalahan terkait lingkungan dan permukiman yang masih banyak dihadapi masyarakat Indonesia. Anggapan saya bahwa produk penelitian itu terkesan rumit dan tak bisa dipahami masyarakat awam pun terhapus sudah. Saya pikir produk-produk Inovatif BalitbangPUPR ini mampu menerjemahkan disiplin ilmu mereka dalam menjawab kebutuhan masyarakat.

Yang menarik dari acara ini adalah cara Balitbang PUPR dalam mensosialisasikan produk-produk hasil penelitian mereka ini. Memilih lokasi car free day sebagai tempat untuk memamerkan masyarakat tentang produk-produk hasil penelitian bagi saya adalah hal yang kreatif. Disini mereka bisa  menjaring lebih banyak orang untuk melihatnya, dibanding menggelarnya di tempat-tempat resmi seperti exhibition hall, galeri atau gedung pemerintahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline