Lihat ke Halaman Asli

Tuhombowo Wau

TERVERIFIKASI

Kompasianer

Jika Terima Rekonsiliasi Versi Gerindra, Jokowi Turunkan Wibawanya

Diperbarui: 9 Juli 2019   19:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joko Widodo dan Prabowo Subianto | Gambar: kompas.com

Saya kira selama ini wujud rekonsiliasi politik usai perhelatan Pilpres 2019 hanya akan berkutat pada urusan negosiasi atau tawar-menawar posisi di kabinet pemerintahan. Faktanya tidak, ternyata ada syarat atau permintaan khusus dari kelompok tertentu kepada pihak pemenang Pilpres, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. 

To the point saja, kelompok yang dimaksud adalah kubu Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Mereka menyampaikan, syarat utama supaya terjadi rekonsiliasi yaitu dipulangkannya Rizieq Shihab dari Arab Saudi dan dibebaskannya beberapa orang dari kasus hukum.

Seperti yang sudah diketahui sebagian publik bahwa orang yang ingin dipulangkan dan dibebaskan itu merupakan para pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga. Sekretaris Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebut syarat atau permintaan khusus yang diajukan persis sama dengan yang diharapkan Prabowo.

"Ya keseluruhan (pemulangan Rizieq Shihab), bukan hanya itu. Tapi keseluruhan bukan hanya itu. Kemarin kan banyak ditahan ratusan orang. Lagi diproses-proses. Ya segala macamlah ya," ujar Muzani (9/7/2019).

Muzani mengatakan, pertemuan antara Jokowi dan Prabowo sebagai langkah awal rekonsiliasi harus dilihat sebagai proses islah atau perdamaian. Artinya pertemuan baru bisa dilakukan jika orang-orang tadi dibebaskan terlebih dahulu.

"Rekonsiliasi tidak mungkin terjadi kalau kemudian suasana dan pikiran itu juga terjadi. Suasana itu harus diredakan, harus dikendurkan, sehingga islah itu menjadi sesuatu yang kuat," tambah Muzani.

Kira-kira begitulah syarat atau permintaan Prabowo dan Gerindra. Lalu apakah Jokowi bakal mengabulkannya?

Kita tahu setelah dinyatakan sebagai pemenang Pilpres, Jokowi berulang kali menyampaikan bahwa dirinya terbuka menerima kehadiran seluruh pihak untuk berkontribusi di pemerintahan. 

Maka tidak heran kemudian muncul beragam spekulasi, misalnya kemungkinan Gerindra dan partai-partai lainnya masuk kabinet. Akan tetapi ternyata dimaksud dan diinginkan lain oleh Prabowo dan kubunya. 

Menurut hemat saya, Jokowi sebaiknya tidak mengabulkan syarat tersebut. Mengapa?

Pertama, persyaratan yang diajukan sangat aneh, hanya untuk kepentingan segelintir orang. Yang namanya rekonsiliasi mestinya mengakomodasi kepentingan seluruh warga. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline