Lihat ke Halaman Asli

Kapan Suatu Masalah Bermanfaat?

Diperbarui: 29 Mei 2023   21:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kapan suatu masalah bermanfaat?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, Senin, 29 Mei 2023

Masalah adalah sebuah kata yang sudah tidak asing lagi bagi siapapun tanpa terkecuali. Bahkan ada yang sampai di juluki atau di labeli sebagai sang "pembuat masalah," "sumber masalah," "pencipta masalah," dan lain sebagainya. Seolah-olah orang yang melabeli seseorang itu kenal atau paham betul, akan seperti apa dan bagaimana masalah itu.

Apakah itu masalah? Kata masalah dapat kita defenisikan dari berbagai sudut pandang, termasuk berbagai hal lain selain masalah itu sendiri. Jika kita melihat masalah dari segi bidang kehidupan, dimana semua bidang kehidupan pasti tersentuh dengan masalah, maka masalah membentuk istilah yang baru. Bukan untuk mengurangi atau sengaja menambahi, tetapi untuk mempertegas dan memberikan arti suatu hal yang lainnya.

Misalnya masalah kehidupan adalah masalah yang terjadi dalam kehidupan ini. Lebih spesifik lagi, misalnya masalah ekonomi adalah masalah dalam bidang ekonomi, masalah sosial adalah masalah dalam bidang sosial, masalah politik adalah masalah dalam bidang politik, serta berbagai masalah pada bidang kehidupan lain yang spesifik.

Masalah juga dialami oleh lintas generasi, dimana masalah yang dialami oleh bayi disebut sebagai masalah bayi, masalah yang dialami oleh remaja disebut sebagai masalah remaja, dan lain sebagainya. Masalah dialami oleh berbagai generasi, baik itu yang masih bayi, anak-anak, remaja, orangtua, kakek dan nenek, hingga kepada generasi yang lainnya, yang lebih tua lagi. Mulai dari makanan dan minuman, yang membuat lapar dan haus, apalagi terkena berbagai penyakit. Begitu juga pakaian yang kekecilan membuat sesak napas, maupun pakaian seseorang yang kelonggaran yang dapat membuat kita menyapu jalanan, dan lain sebagainya.

Bahkan dari segi kebiasaan sehari-hari dapat menimbulkan masalah. Hal tersebut jika ada kebiasaan yang baik sebelumnya, akan berubah menjadi buruk jika kita berada pada lingkungan yang kurang baik (buruk). Pintar-pintarnya kita dalam membawa dan menaruh diri pada berbagai lokasi yang ada. Apakah mau terpengaruh atau hanya menjadi sebuah pelajaran untuk lebih baik lagi ke depannya.

Serta berbagai hal yang lainnya. Lantas, kapan suatu masalah bermanfaat? Itu berarti kita melihat untung, maupun ruginya. Sebelum kita menjawab pertanyaan itu, apakah masalah dapat bermanfaat? Masalah tersebut dapat bermanfaat kepada siapapun tanpa terkecuali.

Hal tersebut karena saat kita tertimpa oleh berbagai masalah, apalagi dengan jenis dan kadar yang berbeda, dapat membuat kita menjadi seorang pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana. Selain itu, dapat membuat kita memperoleh sebuah pelajaran atau nasehat di baliknya, sehingga kita dapat mencapai target lebih pasti dan hidup yang lebih bermanfaat, apalagi positif. Asalkan semua itu ke arah yang positif, sehingga bermanfaat atau berguna bagi siapapun tanpa terkecuali.

Bukan merusak atau mencelakakan, tetapi bermanfaat atau menguntungkan. Itu karena segala sesuatu yang positif, lebih cenderung baik dan berguna bagi siapapun tanpa terkecuali. Jadi, suatu masalah bermanfaat jika ke arah yang positif, bukan negatif. Kemudian, timbul lagi pertanyaan, kapan itu bisa positif. Positif atau negatifnya suatu masalah, baik atau buruknya suatu masalah, bukan di lihat dari jumlahnya, melainkan arahnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline