Lihat ke Halaman Asli

BAB II Kajian Pustaka: Rekrutmen dan Seleksi di perusahaan Roots Resto and Bar Kota Bandung

Diperbarui: 15 April 2025   23:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB II 

KAJIAN PUSTAKA 

2.1 Rekrutmen 

     Rekrutmen merupakan proses kedua yang dilakukan perusahaan untuk mencari tenaga kerja, yang dimana proses sebelumnya telah melakukan perencanaan tenaga kerja yang telah diketahui seberapa banyak untuk kebutuhan dalam suatu organisasi. Proses ini dimulai ketika lowongan pekerjaan mulai diumumkan kepada masyarakat dan berakhir sampai dengan lamaran-lamaran diserahkan. Ketika lamaran telah diserahkan maka dalam proses selanjutnya HRD melakukan penyaringan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dalam organisasi, jika kandidat masuk dalam kriteria kandidat dapat melakukan wawancara dengan HRD, wawancara dilakukan untuk mengetahui kandidat dari segi pengetahuan, serta sesuai kompetensi agar organisasi dapat berjalan dengan baik.

     Menurut Santoso & Anas, (2019). Rekrutmen merupakan suatu proses pengumpulan calon pemegang jabatan yang sesuai dengan rencana pegawai untuk menduduki suatu jabatan yang tertentu dalam fungsi pekerjaan. Menurut Gara & Laporte, (2020). Serangkain kegiatan organisasi dalam proses rekrutmen adalah untuk menarik perhatian pelamar kerja yang memiliki kemampuan yang diperlukan untuk membantu organisasi mencapai tujuan dan sasaran.  kemudian Menurut Fadjar dan Meithiana, (2018). Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm di suatu perusahaan ataupun organisasi, dalam tahapan ini diperlukan analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan/job description juga spesifikasi pekerjaan/ job specification

2.2.1 Perencanaan SDM

     Menurut I Gede Putu Kawiana, (2020). Perencanaan SDM berkaitan dengan penentuan kebutuhan tenaga kerja dimasa depan, baik dalam arti jumlah kualifikasinya untuk mengisi berbagai jabatan dan menyelenggarakan berbagi aktivitas baru kelak. 

     Menurut Zulkifli, (2017). Perencanaan sumber daya manusia adalah perencanaan strategis untuk mendapatkan dan memelihara kualifikasi sumber daya manusia yang di perlukan bagi organisasi perusahaan dan mencapai tujuan perusahaan, langkah-langkah tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Cestri, Husted, dan Douglas, adalah sebagai berikut :

     Representasi dan refleksi dari rencana strategis perusahaan perencanaan sumber daya manusia sudah semestinya merupakan representasi dan refleksi dari keseluruhan rencan strategis perusahaan. misalnya perusahaan dalam 5 tahun ke depan bermaksud untuk memepertahankan tingkat keuntungan (profit) pada tingkat 10 persen, oleh karena itu baigan personalia harus memastikan bahwa SDM yang direkrut dan dikembangkan mampu menunjang rencan tersebut.

1. Analisa dari kualifikasi tugas yang akan diemban oleh tenaga kerja. langkah ini merupakan upaya pemahaman atas kualifikasi kerja yang diperlukan untuk pencapaian rencan strategis perusahaan, pada tahap ini, ada 3 hal yang biasanyan dilakukan, yaitu analisa kerja atau lebih di kenal dengan analisis jabatan, deskripsi kerja, dan spesifikasi kerja atau lebih dikenal dengan spesifikasi jabatan.

2. Analisa ketersediaan tenaga kerja, langkah ini merupakan sebuah perkiraan tentang jumlah tenaga kerja beserta kualifikasinya yang ada dan di perluan bagi perencanaan di masa yang akan datang, termasuk di dalam langkah ini adalah berapa jumlah tenaga kerja yang perlu di poromosikan, di transfer dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline