Lihat ke Halaman Asli

Belajar Al Quran

Belajar dengan hati

Outbound Training Team Building bagi Karyawan

Diperbarui: 23 Desember 2021   09:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Travel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Outbound Training Team Building merupakan aktivitas pelatihan yang dirancang untuk membangun jiwa kepemimpinan atau leadership dan kerja team untuk setiap individu di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Tujuan aktivitas ini adalah meningkatkan kapabilitas diri dan kemampuan bekerja secara team work atau kerja tim antar karyawan. 

Aktivitas pelatihan outbound pada umumnya merupakan pelatihan dengan metode-metode permainan yang dilakukan di alam terbuka atau outdoor. Destinasi outbound yang kerap dipilih kebanyakan sudah memiliki wahana-wahana permainan yang dapat mendukung outbound training team building. Dan tentunya wahana-wahana tersebut sangat aman dan dibantu oleh pemandu-pemandu yang ada di destinasi tersebut.

Inti tujuan dari aktivitas outbound training team building ini adalah untuk membentuk sebuah komitmen yang ditujukan untuk pengembangan diri dan kolektivitas kerja dari semua peserta outbound melalui konsep 4C.


Konsep 4C yang dimaksud adalah Competency, Confident, Conception, dan Connection. Ada beragam benefit atau manfaat dari outbound training team building ini bagi karyawan, antara lain:

Peningkatan Individual Soft Skills

  • Program pelatihan outbound bagi karyawan merupakan program pelatihan yang dibentuk untuk melatih dan mengacu setiap peserta outbound supaya selalu berpikir dalam kerangka pemikiran yang sistematis dan berorientasi pada tujuan jangka panjang.
  • Program pelatihan outbound selalu dilakukan dengan suasana yang seru dan santai, tanpa ada kendala senioritas dan jabatan, sehingga diharapkan dapat mengembangkan juga meningkatkan aktualisasi diri dari masing-masing peserta outbound.
  • Program pelatihan outbound team building dibentuk untuk membangun karakter yang memiliki etika kerja yang tinggi serta pola perilaku yang punya orientasi jangka panjang.

Peningkatan Teamwork Skills

  • Outbound training atau pelatihan outbound dibentuk untuk meningkatkan kesadaran tentang makna penting dan manfaat dari kebersamaan dan bekerja secara tim
  • Program pelatihan outbound team building dirancang dalam simulasi permainan supaya seluruh peserta bekerja secara tim demi mencapai tujuan yang maksimum. Dengan tujuan akhir yaitu dapat membantu menghasilkan sebuah produktivitas dan peningkatan kerja. 
  • Simulasi games atau permainan outbound mendorong para peserta untuk memahami keunggulan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri maupun orang lain. Dengan tujuan, mampu meningkatkan kemampuan bekerja secara tim, dikarenakan dari timbulnya rasa saling menghargai di setiap keputusan yang dibuat.

Refreshment

  • Program pelatihan outbound dapat menjadi sarana refreshing bagi para karyawan
  • Dengan suasana seru dan santai serta permainan-permainan yang tak kalah seru, sangatlah cocok menjadi salah satu program agenda outing dan liburan karyawan.

Itulah beragamnya manfaat yang bisa didapat dengan melakukan aktivitas outbound training team building. Karena sifat outbound itu seru dan asik, program outbound tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan atau organisasi saja. Program outbound juga bermanfaat bagi anak-anak dan keluarga.

Beragam kota yang kerap dipilih sebagai destinasi untuk agenda liburan keluarga maupun outbound perusahaan, salah satunya adalah Kota Malang, Jawa Timur. Banyak destinasi outbound yang seru dan menarik di Kota Malang ini, dan juga terdapat beragam paket outbound. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline