Lihat ke Halaman Asli

Thomas Jan Bernadus

A Freelance Blogger

Salalaluak, Camilan Khas Pariaman yang Enak

Diperbarui: 28 Juni 2018   14:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokpri)

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas, baik makanan berat, ataupun makanan ringan berupa camilan. Seperti yang saya temukan di Pariaman, salah satu wilayah di Sumatera Barat.

Panganan ini diberitahukan oleh teman saya, Hariadhi, ketika kami dalam perjalanan dari Sumatera Barat menuju Sumatera Utara dan melintasi wilayah Pariaman atau Padang Pariaman ini.

"Tom, kita cari Salaluak deh"

"Apaan itu Salalaluak?"

"Cari aja di Google"

Teman saya pun menceritakan gambaran sedikit sambil menunggu hasil googling saya soal Salalaluak ini. Hariadhi bercerita bahwa Salalaluak ini seperti combro. Tapi kalau combro isinya oncom, Salalaluak ini isinya ikan!

Wah enak nih.....

Sepanjang perjalanan pun, Hariadhi meminta saya untuk melihat ke kanan dan ke kiri untuk mencari Salaluak ini. Tapi nggak ketemu. Duh!

Sampai akhirnya, kami berbelok ke sebuah pantai, namanya Pantai Katapiang. Pantai Katapiang ini sudah saya ceritakan di tulisan saya yang lainnya. Kami ingin bersantai di Pantai, sembari ya buat bahan tulisan.

Ketika kami mampir di salah satu kedai yang menjual makanan dan minuman, Hariadhi bertanya apakah ada Salalaluak. Dan ternyata ada. Hariadhi pun menunjukkan ke saya. 

"Ini lho Tom Salalaluak ini. Cobain aja"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline