Lihat ke Halaman Asli

Thobibi Alifani

Thobibi Alifani

KKN UM Desa Patok Picis, Proker Sosialisasi Pelestarian Permainan Tradisional Anak-anak Desa

Diperbarui: 20 Juli 2021   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

KKN UM Desa Patokpicis, Proker Sosialisasi Pelestarian Permainan Tradisional Melalui Anak-anak Desa


             Malang- Minggu, 4 Juli 2021 merupakan terlaksananya permainan tradisional bersama anak-anak di Desa Patokpicis. Kegiatan tersebut diadakan oleh TIM KKN Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan di lapangan dekat gapura Desa Patokpicis. Permainan ini dilakukan agar dapat melestrarikan kembali permainan tradisional yang hampir tidak dimainkan lagi oleh anak-anak, karena  di zaman yang modern ini mereka lebih memilih untuk memainkan game online yang menurut mereka lebih menarik. Pada dasarnya kita sebagai anak bangsa memiliki kewajiban untuk mempertahankan eksistensi dari warisan nenek moyang melalui permainan tradisional tersebut salah satunya yaitu permainan gobak sodor yang diadakan oleh TIM KKN Uniersitas Negeri Malang.

           Persiapan dilakukan pada hari sebelum dilaksanakannya permainan tradisional yaitu dengan membuat tata cara dan aturan permainan, menentukan lokasi permainan, membeli hadiah, dan membuat lapangan gobak sodor. Permainan tradisional tersebut dilaksanakan pada Minggu, 4 Juli 2021 mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

     Dengan diadakannya permainan tradisional ini anak-anak di Desa Patokpicis mendapatkan manfaat dan nilai-nilai positif, serta membuat mereka akan memainkan permainan tradisional kembali sehingga eksistensi dari Permainan tradisional sebagai salah satu dari budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan juga meningkat.

Foto: Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline