Lihat ke Halaman Asli

Taufiq Akbar

Mahasiswa

Perbedaan Teknologi 3G dengan 4G

Diperbarui: 23 September 2022   08:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

3G dan 4G adalah standar untuk komunikasi mobile yang menyatakan tentang bagaimana cara menggunakan gelombang dalam mengirimkan informasi.

Jaringan 3G menjadi tonggak awal internet dapat di akses melalui telepon genggam. BlackBerry dan Apple adalah handphone yang ada pada saat itu. Standard 3G ini menggunakan Universal Mobile System (UMTS) sebagai jaringan inti. 3G adalah generasi standar untuk memberikan pelayanan telekomunikasi seluler yang mempunyai kemampuan untuk mentransfer suara dan data seperti (pengunduhan musik, email dan pesan instan) melalui jaringan yang sama dalam waktu yang bersamaan. 3G (generasi ke 3) muncul di Jepang tahun 2001. 

3G menggunakan Circuit Switching untuk komunikasi suara dan Packet Switching untuk komunikasi data. 3G adalah singkatan dari third generation technologi yang juga biasa di sebut Mobile broadband. 3G muncul tahun 2003. Pada saat inilah orang mulai banyak mengenal video call dan live streaming. Operator pertama 3G adalah Telkomsel yang menggelar layanan EDGE di tahun 2004.  Kecepatan 3G mencapai 2 Mbps saat dalam posisi diam dan 384 kbbs saat dalam keadaan bergerak.

 Untuk jaringan seluler generasi ke 4, di perkenalkan di Indonesia tahun 2008 dengan mengembangkan WiMAX alias Worldwide Interoperabilty for Microsoft Accsess. 4G memiliki kepanjangan yaitu Fourth-generation technology. Istilah ini mengacu pada pengembangan teknologi telepon seluler. Telkomsel pun menjadi operator pertama dalam komersial teknologi 4G LTE ini. Di sinilah layanan game mobile populer, termasuk HD TV 3D TV dan berbagai fitur lainnya yang bisa di akses dengan super cepat. Kecepatan maksimum layanan di jaringan 4G mencapai 100Mbps. Menjual produk di toko online dapat langsung tersebar keseluruhan dunia. 

Perbedaan yang signifikan antara 3G debgan 4G terdapat pada kecepatannya.3F mengirim data hingga kecepatan 3,1Mbps sedangkan 4G mampu mengirimkan data pada rentang 2 sampai 12Mbps dan berpotensi mengirimkan pada kecepatan 100-300 Mbps.

Kesimpulannya teknologi 4G memperkirakan layanan lebih baik di bandingkan dengan teknologi 3G, dalam biaya, mobilitas, konsumsi daya untuk perangkat seluler dan lain sebagainya. Tetapi ada juga beberapa masalah kompatibilitas dalam 4G.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline