Lihat ke Halaman Asli

Pramuka Obat Pencegah Penyakit Generasi Muda

Diperbarui: 14 Agustus 2017   12:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Generasi Muda merupakan aset berharga bagi bangsa karena merekalah yang nantinya akan memegang tongkat estafet suatu bangsa serta menentukan ke arah mana mereka akan membawa dan menjaganya. Generasi muda juga harus menjaga dan berbenah diri ketika Zaman semakin berkembang disitulah perenanya untuk menciptakan berabagi kreasi dan inovasi baru dalam memanfaatkan semangat muda yang masih menyala-nyala dalam dirinya, akan tetapi jika hal itu tidak diperhatikan dewasa ini akan berpengaruh pada produktifitas anak muda itu sendiri. sudah banyak sekali kasus pemuda ketika semakin banyak  jumlah penyandang masalah sosial yang terjebak kedalam  perilaku yang menyimpang dan telah larut dan dilema dalam problema sosial yang telah meracuni anak bangsa. 

Mereka  berpotensi menimbulkan berbagai masaalah-masaalah lainya di masyarakat yang kemudian menyebarluaskan penyakit Virus bagi generasi-generasi selanjutnya. Di samping itu secara internal, terdapat pula  ketidaksiapan mental dan rohani pada sebagian Pemuda, sehingga mereka  gagal untuk mempertahankan diri dari pengaruh negatif yang menyesatkan itu. bahkan para tokoh agama seperti para kiyai, Ulama dan pendeta saja angkat tangan pada kamera karena tak sanggup mengatasi problema sosial yang telah meracuni anak bangsa ini.  untuk itu perlu adanya solusi alternatif yang kemudian bisa menanamkan sikap-sikap dan nilai-nilai  Religius, kemandirian, peduli kemanusiaan dan lingkungan serta Patriotisme dan Nasionalisme.

Karena itulah Pramuka hadir sebagai Obat penyakit generasi muda karena sangat penting untuk membentuk karakter Generasi bangsa. Eksistensi Pramuka adalah memberikan pendidikan dan pembentukan karakter, seperti  Religius, Kedisiplinan, Kesopanan, Patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan  berpikir serta rasa patriotisme pada Bangsa dan Negara. Pramuka mengajarkan kecakapan dalam berpikir dan menggunakan  cara-cara kreatif dalam mengatasi permasalahan. Di zaman yang penuh lika liku ini setidaknya kita bisa mencoba dan mempraktekan bagimana caranya agar bisa bertahan dengan situasi dan kondisi sebagaimana di dalam pramuka juga  diajarkan cara bertahan hidup dalam keadaan darurat, misalnya jika  tersesat di hutan, pramuka mengajarkan cara menggunakan kompas dan peta,  memahami tanda-tanda alam, survival, dan cara membuat bivak.

Dalam hal  kreatifitas, pramuka mengajarkan cara-cara menggunakan benda-benda yang  ada disekitar kita, seperti tali, tongkat, dan benda-benda lain. Generasi muda harus kreatif seperti halnya yang diajarkan dalam pramuka untuk tetap trampil dan gembira dengan ketrampilanya masing-masing. Selain  memberikan keterampilan prbadi, pramuka juga mengajarkan tentang  kebersamaan. 

Pramuka mengajarkan untuk bekerja sama dengan orang lain serta bertanggung jawab dan dapat di percaya. oleh karena itu pramuka hadir sebagai obat yang mampu mencegah dan mengatasi penyakit Generasi Muda. dengan begitu masaalah sosial generasi Muda akan teratasi hingga tercipta masyarakat yang makmur dan terorganisir dengan baik. Serta terjaganya generasi muda dari ancaman-ancaman era globalisasi yang  menjerumuskan generasi muda kita.

#Ayo! selamatkan Generasi Muda Indonesia

#DIRGAHAYU KE 56 Tahun PRAMUKA INDONESIA

#Beta Pramuka Cinta Indonesia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline