Lihat ke Halaman Asli

Tabrani Yunis

TERVERIFIKASI

Tabrani Yunis adalah Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh, juga sebagai Chief editor majalah POTRET, majalah Anak Cerdas. Gemar menulis dan memfasilitasi berbagai training bagi kaum perempuan.

Warung Kopi di Aceh, Tak Pernah Sepi di Bulan Suci

Diperbarui: 9 Juni 2018   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok Pribadi

Jam di ponselku sudah menunjukan pukul 22.00 WIB. Orang-orang yang melaksanakan shalat tarawih sudah pulang dari masjid. Aku berencana ke warung kopi untuk memesan segelas avocado espresso. Ketika mau beranjak ke warung kopi, abang iparku datang ke Potret Gallery. Ia duduk sejenak di bangku panjang di depan POTRET gallery dan bertanya, " Sudah ngopi?"

Karena aku memang belum minum kopi sejak berbuka puasa tadi, langsung saja aku mengajak beliau ke warung kopi langgananku dan juga menjadi warung kopi favorite abang iparku. Ya, ia sangat suka dengan sajian sanger dingin di Gerobak Arabicca Coffee yang letaknya tidak jauh dari kantor majalah POTRET yang juga terletak di jalan Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Banda Aceh itu.

Setiba di warung, kami melihat semua bangku dan meja sudah ditempati oleh para pengunjung. Untung ada satu meja yang ditempati saudara sepupu, Afifuddin, owner dan sekaligus pimpinan Danish autosport, perusahaan yang terkenal dengan usaha jok dan interior mobil itu. Ia bersama temannya mempersilakan kami ikut bergabung di mejanya. 

Seperti biasa, aku memesan avocado espresso kesukaanku. Sementara abang iparku, memesan secangkir sanger dingin. Percakapan pun dimulai. Berbagai topik secara sambung menyambung mulai didiskusikan. 

Semua meja yang ditempati oleh lebih kurang 3 atau 4 bahkan lebih itu riuh rendah dengan percakapan masing-masing orang. Pokoknya, setiap orang sibuk berbicara dan bercerita serta banyak pula yang saling tertawa. Yang jelas, suasananya memang tampak begitu akrab.

Begitu pula di meja kami yang kami tempati. Kami berenam duduk semeja. Sambil ngobrol, aku mengamati setiap orang di setiap meja. Aku mengenal banyak orang di warung tersebut dan mereka juga mengenal aku, karena aku memang setiap malam tidak pernah absen minum kopi di Gerobak. 

Mengapa di Gerobak? Ya, karena aku sebenarnya tergolong konsumen atau pelanggan yang setia (loyal customer). Walaupun Gerobak diapit oleh dua warung kopi yang pengunjungnya begitu ramai, aku tetap setia duduk dan menikmati kopi di Gerobak Arabicca itu.

dokpri

Sepanjang amatanku, ada banyak fenomena dan realitas yang terjadi di warung kopi selama bulan Ramadan ini. Beberapa catatan tersebut di antaranya, Pertama, warung kopi di kota Banda Aceh itu tidak pernah sepi. Semua warung kopi tampak ada pelanggan masing-masing. Maka, tidak heran kalau kita melihat pada malam Sabtu, 8 Juni 2018 ini, warung-warung kopi di kota Banda Aceh dipenuhi pengunjung dari berbagai level usia, kelas dan bahkan jenis kelamin. 

Ya, karena yang datang ke warung kopi sudah tidak seperti zaman dahulu, hanya laki-laki saja. Selama ini, para perempuan pun sudah ramai ke warung kopi. Mereka datang dengan sesama teman perempuan, bersama pacar, juga bersama keluarga, yakni suami istri dan anak-anak. 

Kedua, para pengunjung warung kopi datang ke warung kopi untuk bisa saling berkomunikasi dan berbagi segala macam hal, baik pengetahuan, pengalaman, serta suka dan duka. 

Pokoknya, inti dari tradisi minum kopi orang Aceh tersebut adalah untuk membangun silaturahmi, membangun dan mencari relasi bisnis,  untuk interaksi social dan sebagainya. Namun, hal ketiga yang kini melanda mereka, sejalan dengan kehadiran alat-lat komunikasi yang canggih serta tersedianya layanan internet di warung kopi, membuat para pengunjung yang pada mulanya berniat untuk ngobrol, secara fakta terseret kepada kegiatan masing-masing. Banyak yang sibuk dengan gawai masing-masing. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline