Lihat ke Halaman Asli

Syifa Aprilia

Mahasiswa

Menjaga Keutuhan NKRI dengan Pancasila

Diperbarui: 24 Oktober 2021   15:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: www.republika.co.id

Menurut saya keutuhan NKRI adalah suatu hal yang perlu dipertahankan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang mana memiliki suku, ras, dan agama yang berbeda sehingga banyak sekali perbedaan didalamnya. Oleh sebab itulah Pancasila sangat dibutuhkan sebagai pemersatu bangsa yang diharapkan dapat dijadikan pemersatu bangsa yang akan membuat utuhnya NKRI tetap terjaga.

Keutuhan NKRI juga dipengaruhi oleh sikap masyarakat didalamnya, pengimplementasian Pancasila haruslah didukung oleh masyarakat yang tertib, karena apabila kesadaran masyarakat kurang didalamnya maka nilai-nilai Pancasila yang sudah ada tidak akan terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu, penting dari kita menyadari dan lebih menghayati isi dari Pancasila.

Pancasila merupakan dasar negara paling lengkap karena segala unsur kehidupan ada didalamnya. Mulai dari unsur ketuhanan hingga unsur kemasyarakatan semua diatur didalam Pancasila. Hanya Indonesia yang memiliki dasar negara yang bisa dijadikan sebagai pedoman hidup bermasyarakat. Di era globalisasi dimana berbagai macam hal masuk secara bebas ke dalam kehidupan rentan sekali terjadinya perpecahan didalam negeri ini.

Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa hendaknya dihayati dengan sungguh-sungguh agar tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi yang bersifat negatif, namun jangan menutup diri seutuhnya karena kita sebagai manusia harus bepikiran maju tetapi tetap berpegang teguh terhadap Pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline