Lihat ke Halaman Asli

Syifa Ainun

Santri Ma'had

Pengertian Studi Islam

Diperbarui: 9 Desember 2019   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pengertian studi Islam

Pengertian Islam dapat kita bedah dari dua aspek, yaitu aspek kebahasaan dan aspek peristilahan. Dari segi kebahasaan, Islam berasal dari bahasa arab, yaitu dari kata _Salima_ yang mengandung arti selamat, damai diubah menjadi bentuk _aslama_yang berarti berserah diri atau disebut sebagai orang muslim masuk dalam kedamaian. Dan secara istilah nya studi Islam adalah agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan Tuhan kepada masyarakat manusia melalui nabi Muhammad Saw.

Ruang lingkup studi Islam

1. Islam sebagai doktrin tuhan kebenarannya kepada para mualaf dalam arti absolut yaitu di cari apa masalah nya terlebih dahulu tidak boleh dari madzhab mna yang belum tau kebenarannya.
2. Sebagai gejala budaya yakni segala aspek yang berhubungan dengan manusia sendiri juga berkaitan dengan agama.
3. Adanya interaksi sosial yang merupakan cabang dari realitas keislaman

Kedudukan studi Islam di mata kuliah lain

Sebagai metode ajaran Islam kita diperlukan adanya aliran pemikiran yang membangkitkan kehidupan manusia perseorangan maupun masyarakat jadi mempelajari studi Islam itu sangat penting karena memepelajari ilmu atau kajian Islam yang harus mengetahui sumberdaya terlebih dahulu bukan berarti mata kuliah lain itu tidak penting semua sama hanya saja studi Islam itu memahami dan mendalami apa arti dari keislaman.

Islam sebagai objek kajian

Pada hakikatnya Islam telah mengajarkan bahwa di dalam kehidupan itu harus saling menghargai dan menghormati. Jadi di dalam kehidupan harus berpedoman pada agama islam. Islam patut dipikirkan sedalam-dalamnya oleh pemikir-pemikir dunia, bukan hanya karena ia merupakan kekuatan rohani yang paling besar yang membawa peradaban, tetapi juga memberikan penyelesaian terhadap masalah-masalah yang menimpa dunia. Setiap orang bebas untuk berkeyakinan, sedangkan tugas Islam adalah hanya menyampaikan kebenaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline