Lihat ke Halaman Asli

Sutomo Paguci

TERVERIFIKASI

Advokat

Tips Teknik Berjalan Mendaki dan Turun Gunung

Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi rombongan pendaki gunung. Sumber: Pixabay.com/aatlas

Berjalan kaki memang tampak sebagai aktivitas yang sangat sederhana. Akan tetapi ada teknik atau cara berjalan yang benar, tak terkecuali saat mendaki dan turun gunung.

Tujuan penerapan teknik berjalan demikian adalah untuk menghemat tenaga, menghindari cedera, dan kenyamanan saat berjalan atau trekking.

Ulasan berikut ini berasal dari uji coba atau pengalaman pribadi penulis sebagai pendaki gunung. Ditambah inspirasi beragam trik berjalan yang diberikan oleh para praktisi dan pakar dari berbagai sumber.

Pemanasan

Pemanasan: diperlukan agar otot "panas" supaya siap diajak kerja keras seperti halnya pemanasan mesin mobil sebelum diajak berjalan.

Otot yang masih dingin langsung diajak berjalan mendaki gunung akan rawan mengakibatkan cedera, kram, pernafasan berat, mudah terengah-engah, dan pada akhirnya akan menguras tenaga yang tidak perlu.

Terlebih dahulu panaskan dan lemaskan semua otot yang terlibat dalam aktivitas pendakian gunung, mulai dari telapak kaki, jari kaki, persendian kaki, otot betis, otot paha, otot dan sendi pada pinggang, otot punggung, leher, dan kedua belah tangan.

Setelah itu lompat-lompat untuk merangsang kinerja jantung dan otot kaki secara bersamaan. Jadi, bukan otot kaki saja yang perlu di panaskan, jantung juga.

Pemberian balsem atau krim otot membantu pemanasan dan pelemasan otot. Oleskan krim otot ke bagian betis dan paha sebelum pemanasan.

Pastikan setelah pemanasan langsung berjalan. Jangan istirahat lagi sehingga otot kembali dingin.

Ilustrasi cara berjalan mendaki gunung (sumber: sportlife.com.br)

Saat mendaki

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline