Lihat ke Halaman Asli

Pesona Lombok Timur

Diperbarui: 15 Agustus 2021   07:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Pink (sumber: panduasia.com)

Kalau dulu, wisatawan mancanegara hanya tahu Pulau Bali, pasti merasa rugi setelah jauh-jauh ke Indonesia. Bali memang siapapun mengakui keindahannya, namun di sebelahnya ada pulau Lombok yang juga tak kalah indahnya. Lombok Timur, selain terkenal dengan tiga Gili, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili  Air, juga gunung Rinjani. Kini Lombok Timur juga sedang giat mempromosikan Pantai Tangsi yang lebih dikenal sebagai Pantai Pink.

Pada Koteka Talk 48, Koteka, komunitas traveler Kompasiana mengusing tema "Wonderful Indonesia: Lombok Timur dan Pengalaman Difabel Menulis Buku". Tulisan tentang Yuhanna Rizky Alfiannisa atau yang dikenal dengan nama pena YR Annisa, sudah berhasil menerbitkan sebuah novel berjudul "Light by You", selengkapnya bisa dibaca disini.

Karena Annisa lebih banyak u bahasan. Pada video diperlihatkan perjalanan menuju pantai Pink, sebuah pantai yang cukup ajaib dan hanya ada dua lokasi di Indonesia yaitu di Lombok Timur dan kawasan taman nasional pulau Komodo.

Muslifa (dok: Koteka)

Perjalanan ke pantai Pink yang lokasinya cukup tersembunyi, kini jalannya sudah bagus. Meski tampak kering pada musim kemarau. Meski jalanan sangat mulus, namun Anda perlu waspada karena bisa ketemu rosa alias rombongan sapi. Untuk memasuki pantai Pink sebenarnya tidak ada tiket masuk resmi, hanya asa pungutan retribusi dari warga lokal. Kira'kira 10 ribu Rupiah untuk wisnus dan 50 ribu Rupiah untuk wisman. Pantai Pink terkenal dengan pasirnya yang halus dan tempat membeli lobster dengan kuzlitas tinggi.

Muslifa yang sekarang berdomisili di Lombok Timur juga founder dari selong blogger yang banyak menulis tema-tema pemberdayaan wanita.

Bila Anda ke Lombok Timur, selain Pantai Pink juga perlu brrkunjung ke Taman Nasional gunung Rinjani. Dimana terdapat 7 summit yzkni puncak dari beberapa bukit untuk berkemah dan mendaki gunung. 

Lalu juga ada desa wisata Sugiyan yang sempat hancur karena gempa, namun kini sudah diperbaiki. Di desa Sugiyan, Anda dapat melakukan snorkeling dan explore bakau dan melakukan family camp.

Pantai Pink

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur.   

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline