Lihat ke Halaman Asli

Sri Rumani

TERVERIFIKASI

Pustakawan

Gairah Menulis Saat Ramadhan dan Informasi dari Kompasiana

Diperbarui: 16 Mei 2019   07:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi:https://pixabay.com

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sepertinya baru kemarin merasakan indahnya bulan Ramadhan yang penuh sensasi dengan menerima tantangan menulis dari Kompasiana selama sebulan penuh. 

Energi, semangat membara, penuh gairah untuk menulis setiap hari sesuai topik yang ditawarkan oleh manajemen kompasiana. Apalagi ada hadiah bagi yang dapat memenuhi syarat dan ketentuan. Jujur hadiah (reward) menjadi daya tarik tersendiri bagai para kompasianer, yang nilainya melebihi dari nominal yang diberikan.

Awalnya menulis di Kompasiana sebagai tempat berlabuh karena menemukan keluarga besar yang membuat aman, nyaman dan menyenangkan. Walapun tidak mendapat honor tetap "enjoy" menulis, bahkan terasa ada yang kurang bila belum menulis. Ide bersliweran dan direkam dalam memori untuk dituangkan dalam tulisan. 

Seharian bisa suntuk di depan laptop untuk mengisi waktu sambil menikmati masa pensiun yang sudah "terbebas" dari segala urusan yang penuh dinamika, suka duka, bangga, prihatin, tawa tangis silih berganti.

Entah kenapa Ramadhan tahun ini semangat untuk menulis mengalami degradasi yang luar biasa. Tidak tertarik untuk mengikuti tantangan dari Kompasiana berupa "Samber THR" dengan hadiah yang jauh lebih besar daripada tahun lalu berupa Iphone versi terbaru. Saat ini hadiahnya sepeda motor, yang seharusnya semakin semangat untuk menerima tantangan ini. 

Namun yang terjadi justru sebaliknya, sangat kurang tertarik untuk mengikuti tantangan. Saya tidak tahu persis berapa persen para Kompasianer lain menerima tantangan menulis selama Ramadhan tanpa jeda ?.

Gairah menulis saat Ramadhan tahun ini menurun drastis penyebabnya bukan karena besaran hadiah. Kalau hadiah menjadi tujuan utama dengan ekspektasi terlalu tinggi untuk mengharapkan, ternyata si "godot" tidak kunjung datang pasti menjadi kecewa, putus asa, patah semangat. Namun jujur, menulis sebenarnya bukan untuk memburu hadiah, tetapi sekedar mengeluarkan ide/gagasan. 

Bahkan bila tulisannya di Kompasiana dapat masuk "highlight", apalagi "headline", sudah sangat senang dan bersyukur. Artinya apresiasi itu tidak semata berupa materi, tetapi dapat berwujud non materi. 

Rasa bangga tulisannya terpilih oleh Redaktur Kompasiana menjadi "highlight" terlebih "headline" itupun dapat menjadi daya ungkit untuk menumbuhkan semangat yang mulai pudar dan mati.

Diakui, Redaktur Kompasiana mempunyai hak prerogatif untuk memilih ribuan tulisan yang setiap hari tayang di Kompasiana. Suatu pekerjaan yang sangat menyita waktu untuk membaca, apalagi tulisan yang masuk tengah malam, waktunya kurang tepat untuk membacanya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline