Lihat ke Halaman Asli

Sofiatul Hasanah

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis

Diperbarui: 1 Desember 2021   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Hai guys, perkenalkan namaku Sofiatul Hasanah mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata, kini aku sedang menjalankan studi semester lima. Aku adalah salah satu mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud tahun 2019.

all right guys, pada artikel ini aku akan berbagi informasi mengenai Studi kelayakan Bisnis. Bagi kalian yang sedang memulai bisnis atau bagi kalian yang akan memulai usahanya dan belum melakukan studi kelayakan bisnis, kalian dapat membaca artikel ini sampai selesai. selamat membaca. :)

studi kelayakna bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menentukan apakah suatu bisnis layak dijalankan atau tidak. kegiatan ini meliputi identifikasi masalah, peluang, menetukan tujuan, menggambarkan bagaimana situasi bisnis dan menilai berbagai manfaat yang dihasilkan. dalam kaitannya dengan bisnis, studi ini bisa digunakan untuk membantu pengusaha mengambil keputusan yang tepat. bagi seorang pemula, studi ini sangat penting dilakukan karena dapt meghindarkan pebisnis dari kerugian.

Saat melakukan studi kelayakan bisnis, ada banyak aspek yang harus diteliti. Pada dasarnya aspek-aspek tersebut bersifat fleksibel, sehingga bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. meskipun demikian, ada beberapa aspek dasar yang pasti akan diteliti ketika analisis studi kelayakan dilakukan.

apa aja sih aspek-aspek dalam melakukan studi kelayakan, yuk lanjut dibaca sampai selesai teman-teman...

Aspek studi kelayakan bisnis ada aspek hukum atau legalitas, aspek ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran , aspek manajemen, dan aspek keuangan.

Studi kelayakan bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam menetukan keberhasilan sebuah bisnis. Namun, apa sebenarnya tujuan dari kegiatan ini???

Pada dasarnya, tujuan utama seorang pebisnis melakukan studi kelayakan adalah untuk mengukur apakah sebuah bisnis berpeluang memiliki kelanjutan atau akan berhenti pada titik waktu tertentu. Dalam merintis sebuah bisnis, setiap pebisnis pasti ingin usahanya sukses dan berhasil. Namun tanpa melakukan studi kelayakan ini, seorang pengusaha layaknya menerobos medan perang yang tidak diketahui tanpa petunjuk apa pun.

Hal ini tentunya sangat merugikan bagi pebisnis karena bisa mengakibatkan bisnis yang didirikan gagal. dengan melukakan studi ini pebisnis bisa mengetahui terlebih dahulu apakah bisnis yang didirikan kedepannya dapat berlanjut atau tidak, sehingga membantu pebisnis mengambil keputusan.

Ketika merintis usaha sebuah usaha, pebisnis yang melakukan studi kelayakan, perjalanan bisnisnya akan berbeda dengan pebisnis yang tidak melakukan studi kelayakan bisnis. jadi apa aja sih manfaat dari studi kelyakan bisnis??

Beberapa manfaat dari studi kelayakan bisnis yaitu; 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline