Lihat ke Halaman Asli

Sigit Priatmoko

Dosen, Peneliti, Penulis Buku, Pegiat Literasi

Sering Lupa Isi Buku yang Dibaca? Mungkin Cara-cara Ini Bisa Membantu

Diperbarui: 11 Mei 2022   16:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku | Dokumentasi pribadi

Bagi para pecinta buku, membaca buku sudah menjadi sebuah kebutuhan. Rasanya seperti ada yang kurang jika sehari saja tidak membalik-balik halaman buku. 

Bagi orang-orang seperti mereka ini, tidak perlu menunggu perintah untuk membaca buku. Biasanya mereka ke mana-mana hampir selalu menenteng buku. Tempat favorit mereka adalah toko buku dan perpustakaan. Melihat banyak buku berjejer rapi di rak dengan aromanya yang khas, sungguh seperti surga dunia.

Namun, kadang ada beberapa masalah yang dihadapi para pembaca buku, salah satunya adalah lupa isi buku yang sudah dibaca. Tentu hal ini membuat kita kesal dan jengkel. Meskipun tidak 100% lupa, tapi tetap saja seolah waktu yang sudah kita habiskan untuk menikmati untaian kata demi kata dari penulis terbuang percuma.

Jujur saja, saya pribadi sering mengalami hal ini. Karena merasa jika hal ini lama-lama saya biarkan akan semakin merugikan, saya mencari cara supaya hasil membaca buku tidak hilang dan menguap begitu saja. 

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi cara-cara tersebut kepada teman-teman, barangkali ada manfaat yang bisa diambil.

Menandai Halaman yang Menarik

Dalam setiap buku, pasti ada halaman yang menjadi favorit kita. Biasanya, halaman tersebut berisi bagian-bagian yang menarik dan inspirasional. 

Cara paling mudah yang bisa kita lakukan supaya tidak melupakan begitu saja bagian-bagian tersebut adalah menandai halamannya. Cara menandai bisa menggunakan bookmark atau sekadar menekuk halaman tersebut. Saya pribadi lebih suka menggunakan bookmark, karena sayang jika halaman buku jadi ada bekas tekukan.

Jika tidak punya bookmark, teman-teman bisa menggunakan kertas yang digunting kecil agak memanjang. Berilah tanda pada kertas tersebut supaya teman-teman bisa dengan mudah mengingat hal penting dan menarik apa yang ada di halaman tersebut. 

Selain itu, jika tidak merasa sayang, teman-teman juga bisa langsung memberikan tanda warna untuk meng-highlight bagian yang menting (khusus untuk buku pribadi). 

Cara ini efektif, terutama bagi teman-teman yang membaca buku untuk tujuan akademis. Misalnya menulis makalah dan tugas akhir. Bagi teman-teman yang membaca ebook, biasanya sudah tersedia bookmark juga.

Mencatat Hal-Hal Penting

Selain menandai halaman, cara mudah lain yang bisa kita gunakan untuk mengingat isi buku adalah membuat catatan. Sama dengan di atas, yang kita catat adalah bagian-bagian penting dari buku yang menurut kita menarik dan inspirasional. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline