Lihat ke Halaman Asli

Shofi

Mahasiswa

Interpretasi Re-Branding Muda Berdaya dalam Kegiatan Anak Muda

Diperbarui: 25 Mei 2023   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Rebranding adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperbaharui atau mengubah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik tanpa menghapus tujuan awal perusahaan, yaitu memiliki orientasi terhadap profit. Rebranding dapat mencakup beberapa hal, seperti perubahan bentuk logo, nama brand, hingga visi misi. Rebranding ini dilakukan melalui pembangunan kembali audien serta pasar oleh perusahaan, mendefinisikan ulang visi, misi, serta nilai perusahaan, dan membangun ulang identitas brand.

ST22 Youth Empowerement melakukan rebranding nama perusahaan menjadi MudaBerdaya. Nama ini linear dengan visi dan misi perusahaan yang baru, dimana perusahaan ini berorientasi pada pemberdayaan anak muda. Pengaplikasian nama ini kepada ST22 Youth Empowerement memiliki lima alasan utama, yaitu meningkatkan persepsi brand bahwa PT Mitra Kreasi Muda Berdaya merupakan perusahaan yang berbasis anak muda; untuk memudahkan khalayakak di segala kalangan mengingat nama brand perusahaan; nama MudaBerdaya mewakili keseluruhan aktivitas dari perusahaan; menginformasikan bahwa brand ini dapat menggerakkan anak muda dalam jumlah besar atau massive; sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

Dalam melakukan rebranding, ST22 Youth Empowerement tentunya sudah berpikir matang mengapa MudaBerdaya adalah salah satu kunci meningkatkan profit perusahaan. Hal ini disebabkan oleh MudaBerdaya memiliki Unique Selling Proposition yang membuat kesan brand ini lebih baik, diantaranya menjadi pusat anak muda; mampu menggerakaan anak muda secara massal; memberdayakan kreativitas anak muda; dapat membantu brand lain dalam memenuhi tujuan dengan menggunakan dan memberdayakan anak muda.
 
Selain melakukan rebranding terhadap nama perusahaan, ST22 Youth Empowerement juga melakukan rebranding logo perusahaan untuk tujuan tertentu. Pada logo perusahaan yang baru, sangat jelas bahwa perusahaan menekankan kata ‘MudaBerdaya’. Suku kata ini sangat menggambarkan bahwa brand sangat berkaitan erat dengan kegiatan pemuda.

Berdasar pada beberapa literatur mengenai perusahaan ST22 Youth Empowerement, diketahui bahwa MudaBerdaya hadir untuk membantu lembaga pendidikan dalam hal pendanaan atau pemberian sponsorship dan fundraising yang akan menjalin kerjasaman dengan berbagai brand dalam program brand activation. Dengan adanya program ini, MudaBerdaya tidak hanya berperan sebagai wadah kreativitas anak muda, tetapi juga menjadi ‘fasilitator’ anak-anak muda untuk berkembang. Terlihat bahwa MudaBerdaya melakukan rebranding dan menetapkan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat terutama bagi anak muda. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses laman www.mudaberdaya.id




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline