Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswi Undip Perkenalkan Branding dan Branding Melalui Social Media kepada Pelaku UMKM di Pudakpayung, Semarang

Diperbarui: 13 Agustus 2022   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pudakpayung, Semarang, 22/07 – Pengguna social media di Indonesia terus meningkat. Selain sebagai sarana hiburan, social media juga menjadi salah satu platform untuk branding. Tujuan dari branding yaitu memastikan bahwa persepsi yang dimiliki orang lain terhadap brand sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam Kelurahan Pudakpayung, Semarang terdapat beberapa UMKM, seperti peyek, martabak, dan pisang goreng. UMKM tersebut memasarkan produk mereka via grup Whatsapp. Dengan kondisi tersebut, mahasiswi KKN Tim II 2021/2022 Universitas Diponegoro, prodi Manajemen melaksanakan program kerja KKN Sosialisasi Branding UMKM melalui social media agar pasar UMKM Kelurahan Pudakpayung menjadi lebih luas.

dokpri

dokpri

Sosialisasi Branding UMKM melalui Sosial Media ditujukan kepada pelaku UMKM di kelurahan Pudakpayung. Pelaku UMKM didatangi door to door dan diberikan leaflet yang berisi informasi tentang branding UMKM melalui sosial media. Disini sosial media memiliki peran untuk membuat pasar UMKM menjadi jauh lebih luas dan dapat membantu meningkatkan pendapatan terlebih di masa pandemi. 

Dalam leaflet yang diberikan kepada pelaku UMKM di kelurahan Pudakpayung dijelaskan apa itu branding, branding melalui sosial media, hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan sosial media branding (identitas, audience, konten), dan strategi pengembangan UMKM (product, price, place, promotion, people).

Pelaku UMKM juga diberikan pemahaman tentang potensi pemasaran yang berkembang. Tujuan dari Sosialiasi Branding UMKM melalui sosial media adalah memberikan pemahaman bagi pelaku UMKM di Kelurahan Pudakpayung tentang potensi pemasaran yang berkembang dan memberikan alternatif pemasarannya dan cara memasarkannya di sosial media.

Penulis: Safira Melya Ramadhayanti, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

DPL: Retna Hanani, S.Sos., MPP




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline