Lihat ke Halaman Asli

Septianingsih

Mahasisawa/Pelajar

Study Kasus Manajemen

Diperbarui: 23 Juni 2022   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Study Kasus Manajemen

Oleh : Septianingsih

STUDY KASUS MANAJEMEN ORGANISASI

Kali ini saya akan membahas mengenai "Study Kasus Manajemen Organisasi". Semua perusahaan pasti pernah mengalami konflik dalam manajemen perusahaan, baik itu perusahaan besar, menengah, ataupun perusahaan kecil. Dan saya akan membahas mengenai Study Kasus Perusahaan Biotect.

Selain itu saya ingin menjelaskan sedikit mengenai fungsi manajemen dalam suatu perusahaan. Manajemen itu sendiri memiliki fungsi untuk menyediakan sekaligus menyatukan sumber daya baik fisik, keuangan,maupun manusia dan mengembangkan hubungan yang produktif demi mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan Manajemen Organisasi sendiri merupakan suatu perencanaan yang berhubungan dengan bagaimana seseorang dapat mengolah atau mengurus suatu rancangan dalam organisasi dari memilih anggota sampai penyelesaian masalah. Manajemen organisasi akan membutuhkan sumber daya yang bermutu.

STUDY KASUS PERUSAHAAN PT. BIOTECT 

PT. Biotect adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk personal care. PT. Biotect ini merupakan salah satu perusahaan yang membeli dan menjual barang daganganya untuk mencapai laba atau keuntungan. Perusahaan ini memiliki konflik antara perusahaan dan karyawan. Konflik ini terjadi karena adanya miss communication antara atasan dan karyawan. Adanya suatu kebijakan yang berubah mengenai pembayaran  gaji dan komisi terhadap karyawan costumer service dan admin, perusahaan sebelumya tidak memberitahukan akan adanya pengurangan gaji dan komisi kepada karyawan sehingga karyawan merasa bingung dengan keadaan ini. Para karyawan akhirnya mengambil Tindakan untuk bertanya kepada perusahaan mengenai hal tersebut, namun perusahaan tidak menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Penyebab terjadinya Kasus dalam Perusahaan PT. Biotect

Konflik ini terjadi karena adanya miss communication antara atasan dan karyawan perusahaan. Miss communication dapat menyebabkan kesalahpahaman karena pesan atau informasi yang disampaikan tidak diterima dengan baik oleh komunikan. Salah satu penyebab terjadinya karena komunikasi verbal yang tidak didukung oleh komunikasi non verbal.

Biasanya masakah timbul karena situasi yang tidak kondusif di suatu perusahaan. Menurut saya ada beberapa faktor yang menyebabkan pengurangan gaji dan komisi di suatu perusahaan. Contohnya keterlambatan kehadiran, Karyawan tidak melakukan pekerjaanya, target kerja tidak tercapai, rotasi jabatan dan lain lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline