Lihat ke Halaman Asli

satria winarah

yang mengenal dirinya yang mengenal Tuhannya

Babad Sunda: Tarusbawa (669-723 M)

Diperbarui: 19 Mei 2021   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kerajaan Sunda adalah sebuah kerajaan yang melanjutkan Kerajaan Tarumanegara yang sudah semakin melemah. Kerajaan Sunda pertama kali didirikan oleh Maharaja Tarusbawa pada 669 M, dan berakhir setelah meninggalnya Prabu Geusan Ulun pada 1610 M. Itu artinya Kerajaan Sunda sudah eksis di Nusantara selama 941 tahun. Tercatat sebagai sebuah kerajaan yang mampu bertahan paling lama di Nusantara.

Wilayah Kerajaan Sunda meneruskan wilayah Kerajaan Tarumanegara, yang menguasai seluruh wilayah Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan sebagian Jawa Tengah. Dalam kurun waktu 941 tahun itu, tak ada pertambahan wilayah yang signifikan, begitu pula tak ada pengurangan yang signifikan. Hal itu menunjukkan kestabilan politik di Kerajaan Sunda. Tak heran kerajaan tersebut mampu bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Saking lama dan melekatnya identitas Kerajaan Sunda pada wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Pasundan ini, istilah Sunda kita gunakan untuk menyebut etnis dan budaya yang berada di wilayah Tatar Pasundan tersebut.

Adapun sejarah Kerajaan Sunda dari awal pendiriannya hingga akhir kisahnya, akan diceritakan secara runtut berdasarkan urutan raja-rajanya. Tapi yang perlu dicatat sejak awal adalah, sejarah Kerajaan Sunda jarang memiliki titik momen penting, sebagaimana yang kita dapati jika mempelajari sejarah kerajaan di sebelah timur pulau Jawa. Kerajaan Sunda dapat dianggap sangat tenang, damai, dan sentosa. Tak pernah menyerang, tak pernah diserang, tak ada pemberontakan. Sehingga tidak ada pergolakan yang memicu pengabadian dalam prasasti atau kitab.

Keunikan dari Kerajaan Sunda yang bercorak Hindu-Budha ini adalah, di Kerajaan yang sudah berlangsung selama hampir seribu tahun ini sangat jarang ditemukan candi. Hal ini membuat para ahli menduga bahwa tak semua raja Sunda menganut Hindu-Budha. Ada raja Sunda atau sebagian besar komunitas masyarakat Sunda kala itu yang menganut Agama Sunda Wiwitan. Oleh karena itulah hanya sedikit candi yang ditemukan di Tatar Pasundan.

Dengan menyaksikan kisah-kisah raja-raja Sunda ini, kita juga akan melihat bahwa Kerajaan Sunda ini kerap kali berganti ibukota beberapa kali, seiring dengan siapa yang sedang berkuasa.

Tarusbawa (669 - 723 M)

Maharaja Tarusbawa adalah menantu Maharaja Linggawarman, Raja Tarumanegara terakhir. Tarusbawa dilahirkan di Sundapura (Kota Sunda) yang terletak di wilayah Bekasi sekarang ini. Tarusbawa naik tahta menggantikan mertuanya sebagai penerus tahta Tarumanegara.

Tarusbawa dilantik sebagai Raja Sunda pada tanggal 9 bagian terang bulan Jesta taun 591 Saka (18 Mei 669 Masehi) dan beliau bergelar Sri Maharaja Tarusbawa Darmawaskita Manumanggalajaya Sundasembawa. Bersamaan dengan pelantikan tersebut, nama Kerajaan Tarumanegara diubah menjadi Kerajaan Sunda. Sayangnya perubahaan nama kerajaan ini menuai protes dari Wretikandayun, penguasa Kadipaten Galuh yang sudah berkuasa di Galuh sejak 612 M.

Dilihat dari lama masa berkuasanya Wretikandayun, kita bisa tahu bahwa Wretikandayun adalah seorang yang lebih tua daripada Tarusbawa. Tak heran, dia melakukan protes dan menuntut agar wilayah Tarumanegara dibelah dua saja dengan sungai Citarum sebagai pembatasnya. Karena menghindari perang saudara, Tarusbawa pun terpaksa memenuhi tuntutan itu. Sebab prinsip Tarusbawa adalah lebih baik memimpin setengah negara tangguh daripada harus memaksakan memimpin satu negara penuh dengan keadaan yang belum tentu.

Sejak saat itu Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh berdiri masing-masing, sebagai penerus Kerajaan Tarumanegara. Tapi seperti buah pinang, keduanya tak bisa dipisahkan satu sama lain. Hubungan antar negara tetap baik dan tetap beraliansi. Sehingga dalam penyebutannya, kita sering menyebutnya dengan sebutan Kerajaan Sunda-Galuh. Salah satu bukti mengenai aliansi dan persahabatan ini adalah surat yang ditulis oleh Wretikandayun kepada Tarusbawa, sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline