Lihat ke Halaman Asli

Kerajaan-kerajaan Bercorak Hindu Budha di Indonesia

Diperbarui: 19 Agustus 2020   17:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu bukti Kerajaan Sriwijaya pernah ada (Sumber: kemdikbud.go.id via kompas.com)

Agama Hindu Budha berasal dari India. Ada beberapa pendapat tentang golongan pembawa agama hindu-budha ke Indonesia. Beberapa tokoh berpendapat bahwa agama hindu-budha masuk ke Indonesia dibawa oleh pedagang, dan ada yang mengatakan pembawa agama hindu adalah brahmana dan ksatria. 

Masuknya agama hindu-budha ke Indonesia berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat Indonesia, di antaranya adalah berbagai peninggalan sejarah dalam bidang pemerintahan, seni, dan budaya.

Sebelum pengaruh hindu-budha masuk, masyarakat Indonesia tidak mengenal sistem kerajaan. Sistem pemerintahan yang ada pada waktu itu adalah pemerintahan desa yang dipimpin oleh kepala suku. 

Masuknya pengaruh agama hindu-budha pemerintahan kesukuan diganti kerajaan. Sejak abad IV masehi di Indonesia berdiri kerajaan bercorak hindu-budha.    

I.  Kerajaan-kerajaan bercorak Hindu di Indonesia

1. Kutai
Kerajaan ini berdiri pada tahun 400 masehi. Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Lokasinya terletak di tepi sungai Mahakam Kalimantan Timur. Raja pertama adalah Kudungga dan raja yang terkenal adalah Mulawarman.

2. Tarumanegara
Merupakan kerajaan Hindu tertua di pulau jawa dan kerajaan Hindu kedua di Indonesia. Letak kerajaan diperkirakan sekitar Bogor dan Bekasi Jawa Barat. Bediri sekitar abad V masehi dan mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan raja Purnawarman.

3. Mataram kuno (Hindu-Budha)
Kerajaan ini berkuasa di Jawa Tengah bagian selatan antara abad VIII -X masehi. Kerajaan Mataram Kuno terdiri atas dua dinasti yaitu Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. 

Dinasti Sanjaya menganut agama Budha didirikan oleh raja Sanjaya pada tahun 723 masehi sedangkan dinasti syailendra menganut agama Budha didirikan oleh raja Bhanu pada tahun 752 masehi.     

4. Sunda
Kerajaan yang berdiri di Jawa Barat sekitar tahun 932-1579 masehi. Kerajaan ini merupakan penyatuan dua kerajaan besar di tanah Sunda yaitu kerajaan Sunda dan kerajaan Galuh. Kedua kerajaan merupakan pecahan kerajaan Tarumanegara.

5. Kediri
Kerajaan Kediri terletak di tepi sungai Brantas Jawa Timur. Berdiri pada abad XII masehi. Kerajaan Kediri lahir dari pembagian kerajaan Medang  Kamulan oleh raja Airlangga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline