Lihat ke Halaman Asli

Samuel Hutajulu 43122110076

Universitas Mercu Buana

Study Kelayakan Bisnis Rumah Makan MGH (Mi Gomak Hutajulu)

Diperbarui: 16 November 2023   03:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Sumber Pribadi

Pendahuluan

Mie gomak adalah makanan khas suku Batak Toba dan Batak Mandailing yang berasal dari Sumatera Utara. Masakan ini banyak tersebar di daerah Sumatera Utara. Bentuk mie-nya seperti spageti yang di siram kuah gulai dan tambahan. Untuk topingnya sendiri terdiri dari labu siam, wortel dan telor rebus yang sudah di goreng. Kunci rasa unik mie gomak terdapat di kuahnya. Kuah mie gomak memiliki rasa yang pedas, getir, dan gurih. Rasa getirnya didapat dari andaliman yang menjadi bumbu utama kuah mie gomak. Andaliman merupakan tanaman khas Sumatera Utara yang hanya tumbuh di daerah pegunungan. Andaliman memiliki rasa pedas dan getir yang dimana menjadi salah satu ciri khas rasa dari masakan suku Batak.

Mie gomak saat ini sudah mulai tersebar ke berbagai daerah seperti pulau Jawa dan Kalimantan. Masakan ini dibawa oleh perantau-perantau suku Batak dan saat ini di pulau Jawa dan Kalimantan sudah banyak berdiri rumah makan khas Batak.

Usaha yang akan saya buat adalah usaha rumah makan khas batak yang produk utamanya adalah mie gomak. Usaha ini saya namakan MGH (Mie Gomak Hutajulu) yang berbasis di daerah Setia Budi, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline