Lihat ke Halaman Asli

Rusti Dian

Mass and Digital Communication Student

Melihat Seberapa Ramah dan Interaktif IDN Times sebagai Jurnalisme Online

Diperbarui: 25 Oktober 2020   13:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: https://www.idntimes.com/)

IDN Times, merupakan salah satu media online yang banyak dikenal khususnya di kalangan anak muda. Kontennya yang ringan untuk dibaca dan pengemasannya yang tidak membosankan, menjadi ciri khas tersendiri. Terlebih lagi banyak informasi yang disajikan dalam bentuk listical yang cukup memudahkan saat membaca.

Selain IDN Times, ada beberapa media yang berada di bawah naungan IDN Media yaitu Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy. IDN Times sendiri memiliki visi "mendemokratisasi akses ke informasi yang akurat, seimbang, berguna, dan positif dan pada akhirnya, menjadi suara milenial dan Gen Z di Indonesia dan membawa dampak positif di masyarakat".

Interaksi IDN Times pada Pembacanya

(Sumber: Instagram IDN Times)

Jika dilihat dari Instagram, IDN Times cukup sering melakukan interaksi dengan pembacanya.  Contohnya saat IDN Times mengadakan campaign bertema "16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan" mulai dari tanggal 25 November sampai 10 Desember 2019. IDN Times membuka diri bagi para perempuan yang ingin speak up masalah kekerasan atau pelecehan seksual yang pernah mereka alami.

Dengan tetap memperhatikan kode etik jurnalistik untuk melindungi privasi narasumber, IDN Times hanya memberi inisial dan usia narasumber. IDN Times juga turut memberikan edukasi pada para pembaca mengenai perbedaan kekerasan seksual dan pelecehan seksual, baik dalam bentuk artikel panjang maupun lewat tulisan yang ditampilkan dalam Instagram Stories.

(Sumber: Instagram IDN Times)

Selain itu, IDN Times juga sering mengadakan seminar. Namun, dikarenakan adanya pandemi Covid-19, IDN Times menjadi lebih banyak mengadakan live Instagram dengan mengundang orang yang expert di bidangnya. Warganet juga tidak perlu khawatir ketinggalan informasi karena warganet masih bisa mengakses lewat IG TV.

Mengukur Ketertarikan Milenial terhadap IDN Times

(Sumber: Instagram @rustidian)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline