Lihat ke Halaman Asli

Rudy W

dibuang sayang

Langka, "Super-spreader" dari Seorang Jemaat Sekte di Daegu

Diperbarui: 24 Februari 2020   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Daegu menjadi kota hantu (dailysabah.com)


Covid-19 yang bersumber dari kota Wuhan di Propinsi Hubei terus menebar ancamannya, hingga Minggu (23/2/2020) dilaporkan sebanyak 2254 orang di seluruh dunia meninggal karena tertular virus misterius tersebut. 

Cina menempati urutan terbanyak, yakni 2.250 orang. Sedangkan di Perancis, Italia, Filipina, dan Taiwan ditemukan 1 orang meninggal.

Negara-negara lainnya yang kedapatan pasien yang meninggal oleh Covid-19 itu adalah 5 orang di Korea Selatan, 2 di Hongkong, 3 orang di Jepang, dan 4 orang di Iran.

Jumlahnya diprediksi terus bertambah, orang yang terpapar virus korona tipe baru itu di negara asalnya, sudah melebihi jumlah 77.000 orang.

Sedangkan negara di luar Cina, yang paling banyak terserang virus adalah Korea Selatan. Hingga Minggu (23/2/2020) sudah lebih dari 346 orang.

Sedangkan Daegu di negeri ginseng itu sudah menjadi kota hantu, bahkan dijuluki sebagai "Wuhan Kedua".  Daegu adalah ibukota propinsi Gyeongsang Utara.

Dari 92 kasus baru yang ditemukan, tercatat sebagian besar terjadi di kota industri tersebut.

Di kota berpenduduk 2,5 juta jiwa itu ditemukan kasus "super-spreader". 

Julukan itu diberikan kepada seorang wanita yang berusia 61 tahun. Wanita "patient 31" adalah seorang anggota jemaat gereja sekte Shincheonji Yesus yang beranggotakan 9.000 orang.

Dikabarkan, setidaknya ada 37 jemaat sekte pimpinan Lee Man-Hee itu yang tertular positif virus Covid-19 yang ditebarkan oleh wanita itu.

Sedangkan 53 jemaat lainnya juga sudah menunjukkan gejala-gejala tapi belum diperiksa apakah terjangkit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline