Lihat ke Halaman Asli

Roberson Embong

Student of MM Technology President University

Potensi, Kreativitas, Kualitas, dan Promosi Kampung Wisata Toraja

Diperbarui: 7 Maret 2021   18:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Objek Wisata Rumah Adat Tongkonan Marante Tondon, Toraja Utara

Masa pandemi covid 19 yang terjadi saat ini sudah setahun, yang telah menyebabkan banyak kendala dan tantangan tersendiri dalam kehidupan manusia di seluruh dunia dan pengaruhnya terhadap penurunan tingkat ekonomi, dimana pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain menjadi terbatas, yang mengakibatkan terbatasnya aktifitas dan produktifitas dalam kehidupan manusia di banyak sektor. 

Tentu demikian pula aktivitas dan produktivitas dalam sektor parawisata  menjadi berkurang karena berkurangnya kunjungan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Kondisi ini membuat terpuruknya parawisata dan turunnya tingkat perekonomian masyarakat secara drastis. 

Walau demikian tentu kehidupan masyarakat harus terus berlangsung sehingga dibutuhkan upaya-upaya dan ide-ide cemerlang dan terukur untuk terus mempertahankan agar parawisata terus maju dan perekonomian masyarakat meningkat. 

Salah satu upaya dan ide untuk memajukan parawisata adalah membuat kampung wisata di Toraja dimana wisatawan dapat tinggal di lokasi kampung wisata untuk beberapa waktu dan secara langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendidikan masyarakat.

Potensi untuk suatu kampung wisata banyak di jumpai di kehidupan masyarakat toraja sehari-hari, dimana banyak dijumpai rumah-rumah adat ( rumah adat tongkonan ) dan lumbung-lumbung padi ( Alang ) yang dibangun secara mandiri dan bersama secara gotong royong oleh suatu rumpun keluarga sebagai simbol keutuhan dan pemersatu rumpun keluarga dalam spiritual, sosial, adat, dan budaya. 

Selain itu dijumpai juga potensi pemandangan alam yang indah yang ada di sekitar lokasi rumah adat tongkonan dimana bisa dilihat adanya bentangan sawah dan kebun yang luas dan indah, sungai, air terjun, area yang di tumbuhi bambu,  peternakan , kegiatan-kegiatan adat dalam masyarakat yang beraneka ragam baik kegiatan adat Rambu Solo ( prosesi adat pemakaman) maupun kegiatan adat Rambu Tuka ( prosesi adat sukacita dan persembahan syukur misalnya pernikahan, syukuran rumah adat yang baru dll ), prosesi adat ma'nene yaitu prosesi membersihkan jenasah yang sudah lama di kuburkan dengan mengganti pakaiannya dengan yang baru ) , terdapat pula lokasi pemakaman adat ( patane) suku toraja yang menyimpan banyak cerita dan sejarah yang akan membuat keingintahuan lebih banyak tentang tradisi pemakaman suku toraja. 

Masih banyak lagi potensi-potensi wisata yang ada dalam kehidupan sehari-hari dari masyarakat toraja yang unik dan sensasional dalam balutan kehidupan adat masyarakat toraja yang tidak ada duanya di dunia ini.


foto-3-60448b678ede484526149892.png

Pemandangan alam dan kehidupan sehari-hari di sekitar rumah adat Tongkonan Toraja

Kehidupan sehari-hari masyarakat adat toraja menjadi saksi kehidupan yang tidak akan dijumpai dibelahan bumi manapun dengan keunikan tersendiri dengan tingkat budaya yang tinggi dan asli yang menjadi ketertarikan dan kenikmatan tersendiri untuk bukan hanya di dengar, dibaca di media, di nonton di film atau televisi atau media lainnya, untuk dilihat saat melakukan kunjungan wisata yang singkat tapi akan menjadi terasa lengkap dan fantastis bila dirasakan secara langsung oleh wisatawan dengan tinggal beberapa hari bersama dalam kehidupan keseharian dan dinamika masyarakat toraja. 

Wisatawan dapat tinggal selama beberapa hari dan mengikuti secara langsung bersama-sama kehidupan masyarakat adat toraja sambil menikmati dan mengabadikan keindahan pemandangan alam, sawah, kebun, sungai , air terjun, peternakan, dll yang ada di sekitar rumah adat tongkonan masyarakat toraja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline