Lihat ke Halaman Asli

Konsep Dasar untuk Dapat Mengenai Motivasi Belajar Pada Anak Didik Siswa

Diperbarui: 21 Juni 2023   08:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi dari Motivasi: Kabarpendidikan.id

Tangerang, (21/6/2023). Pada hal ini penulis akan membagikan artikel dengan Konsep Dasar Untuk Dapat Mengenai Motivasi Belajar Pada Anak Didik Siswa, Pengertian, faktor apa saja yang mempengaruhi, serta cara meningkatkan motivasi belajar siswa, semoga bermanfaat.

A. Pengertian Motivasi Belajar

Pengertian motivasi menurut beberapa ahli adalah :

1. Sudarwan Danim (2004: 2) menjelaskan bahwa motivasi dapat diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong orang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai yang dikehendakinya.

2. Mc Donald (Rimang,2011: 85) motivasi adalah perubahan energi pada diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

Selanjutnya, sedikit pengertian mengenai belajar adalah perubahan tingkah laku yang menampakkan dalam perilaku baru sebagai akibat dari pengalaman maupun latihan.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar merupakan suatu keadaan yang mendorong untuk melakukan suatu kegiatan dan mengarahkan tingkah laku serta menjaga tingkah laku pada kegiatan belajar agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Menurut Rimang (2011: 86) motivasi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Motivasi dalam diri individu (intrinsik)

Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu itu sendiri tanpa ada paksaan ataupun dorongan dari orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.

2. Motivasi luar individu (ekstrinsik)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline