Lihat ke Halaman Asli

Rizki Wulan

happy people

Stop Begadang!

Diperbarui: 2 Desember 2022   06:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Banyak mahasiswa yang setiap harinya begadang bukan karena belajar ataupun membuat tugas, akan tetapi begadang hanya untuk melakukan yang sekiranya kurang penting dilakukan dan itu dilakukannnya setiap hari yang menjadikannya memiliki pola tidur yang berantakan. 

Kebiasaan begadang bagi para mahasiswa dianggap lumrah padahal tidur di atas jam 12 malam akan menurunkan sistem imun, sehingga sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit , mulai dari yang ringan sampai mematikan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan resiko kardiovaskular. 

Penyakit kardiovaskular adalah suatu kondisi dimana terdapat adanya gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Gangguan fungsi yang dialami oleh jantung dan pembuluh darah ini merupakan penyebab utama seseorang mengalami penyakit jantung dan stroke. Akibat dari begadang yang telah diuraikan di atas ada juga akibat buruk yang menurunkan fungsi otak. Hal ini berkaitan dengan konsentrasi, perhatian, fokus, respon, daya ingat, hingga kecerdasasan emosional. Selain itu, kurang tidur karena begadang juga dapat menurunkan kreativitas dan kemampuan otak dalam memecahkan masalah.

Mari kita ubah kebiasaan begadang kita agar kesehatan kita terjaga, dan meskipun mahasiswa tidak bisa jauh dari kata begadang mungkin karena tugas atau belajar semoga bisa mengurangi jam begadangnya.   




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline