Lihat ke Halaman Asli

Riswanda Himawan

Pendidik Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia.

Implementasi Pembelajaran C6: Ajarkan Peserta Didik Wujudkan Luaran Pembelajaran

Diperbarui: 17 September 2021   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Pribadi

Kriteria HOTS, menurut taksonomi Bloom dapat dibagi menjadi menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Guru sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu menghantarkan peserta didik dalam menerapkan berbagai level kognitif tersebut. Selain itu, keterampilan 4C yang menuntut peserta didik untuk menguasi keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. 

Menjadi tantangan bagi guru dan peserta didik, untuk sama-sama, mengembangkan, mengelola pembelajaran yang sesuai agar keterampilan tersebut dapat tercapai. 

Salah satu upaya guru dalam menerapakan berbagai macam keterampilan tersebut adalah, menghasilkan luaran berupa kumpulan karya yang dihasilkan oleh siswa dalam setiap materi yang diajarkannya. 

Contoh karya tersebut adalah antologi puisi, yang diterbitkan melaui penerbit dan memiliki ISBN. Ha ini sangat penting untuk dilakukan, karena selain mencapai tujuan pembelajaran yang salah satunya dalah mencipta, kegiatan ini dinilai mengapresiasi siswa. 

Peserta didik akan lebih bersemangat, untuk mengikuti pembelajaran. Melaui kegiatan ini, pekerjaan siswa juga bisa disimpan dan dikenang, tidak hanya berserakan di meja dan bertumpuk begitu saja. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline