Lihat ke Halaman Asli

riqwal ardi

mahasiswa

KKN Universitas 17 Agustus Surabaya Mengimplementasikan Digital Marketing pada UMKM Dapur By Naira

Diperbarui: 7 Juli 2022   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pengimplementasian Digitalisasi UMKM

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Nama Mahasiswa :Riqwal Ardi Riatmojo

NBI:1411900217

DPL:Ahmad Habib,S.Kom., M.M

NPP:20460150665

UMKM merupakan usaha kecil yang dikelola secara mandiri oleh pelaku usaha secara konvensional. Karenanya tidak heran apabila UMKM mengalami perkembangan yang lambat. Apalagi pada masa pandemi Covid-19, banyak UMKM yang terpaksa gulung tikar karena tidak bisa melkukan aktivitasnya. Namun ada beberapa UMKM yang bisa bertahan di masa sulit tersebut.

Karena itu, penulis memandang perlunya penggunaan teknologi informatika unmtuk mendukung berlangsungnya kegiatan UMKM sekaligus mengembangkannya dengan menggunakan media digital.

Pada tanggal 10 s.d 22 Juni 2022, penulis melakukan kegiatan pendampingan UMKM dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Sawotratap Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penulis bekerja sama dengan pemilik Dapur Naira, yaitu Ibu Suryati. UMKM yang dikembangkan oleh Ibu Suryati adalah kue basah dan frozen food. 

Kue basah ditawarkan yaitu, nagasari, risoles, lumpia, dan tahu fantasi. Selama ini Ibu Suryati menjajakan dagangannya dengan cara menitipkan pada penjual kue di pasar. Juga menerima pesanan secara langsung dari tetangga sekitar. Promosi yang dilakukan juga hanya bersifat gethok tular atau dari mulut ke mulut. Akibatnya tidak banyak orang yang mengetahui produk yang dipasarkan. Padahal kue-kue yang ditawarkan tergolong murah, lezat, dan higienis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline