Lihat ke Halaman Asli

Taufik Rohmatul Insan

Pembaca (walau jarang) Novel, Cerpen, Puisi dan Esai Politik, Hukum, sejarah dan Kebudayaan

Guru Kehidupan: Gol A Gong menggantikan Najwa Shihab Sebagai Duta Baca Indonesia

Diperbarui: 1 Mei 2021   04:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpustakaan Nasional RI

Komunitas Rumah Dunia  sudah bertahun-tahun mewarnai ruang Literasi masyarakat Banten, khususnya Kp. Ciloang, Kota Serang. Banyak penghargaan yang diberikan kepada Rumah Dunia, baik itu penghargaan tingkat lokal sampai penghargaan tingkat nasional. Semua itu tidak begitu saja diberikan kepada Rumah Dunia, tetapi dibaliknya ada sosok penting yang kokoh berdiri menghidupkan Rumah Dunia dengan karya-karya di tengah masyarakat yang terus berkembang, yaitu Heri Hendrayana Harris yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Gol A Gong. 

Tidak hanya Rumah Dunia yang banyak dilimpahi penghargaan, begitu pula Golagong Penulis, banyak penghargaan yang ia dapatkan di bidang literasi. Diantaranya, Islamic Book Fair Award 2005, Nugraha Jasa Pustakaloka 2007, XL Indonesia Berprestasi Award 2008, Literacy Award 2009, Elshinta Award 2010, IKAPI Award 2011, Anugerah Peduli Pendidikan 2012, Tokoh Sastra Indonesia 2013, Anugerah Kebudayaan 2014, Literasi Anti Korupsi 2016, Penggerak Literasi Indonesia 2016, dan pernah menjabat sebagai Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Nasional (FTBM) tahun 2010-2015. 

Maka tidak heran, tahun 2021 ini, pada proses regenerasi Duta Baca Nasional. Perpustakaan Nasional (PERPUSNAS) melirik sosok Banten Gol A Gong, untuk melanjutkan Duta Baca Nasional untuk tahun 2021-2025, menggantikan Najwa Shihab sebagai Duta Baca Nasional. Dengan dikeluarkannya Surat Keputusan No. 122 Tahun 2021 oleh Perpustakaan Nasional, maka resmi Gol A Gong dikukuhkan sebagai Duta Baca Indonesia.

Dengan terpilihnya Gol A Gong sebagai Duta Baca Indonesia, maka kebanggan tersendiri lahir dan semangat  untuk terus belajar terus tumbuh dan berkembang. Sebagai Relawan Rumah Dunia, saya pribadi turut bersyukur dengan pengukuhan ini. Semoga dengan dikukuhkannya Gol A Gong, sebagi Duta Baca Nasional, menjadi pembuktian warga Banten kepada Negara, bahwa Banten selalu memiliki peran penting dalam pembangunan Bangsa, terkhusus dibidang Pendidikan dan Kesusastraan, untuk lebih berdaya dengan buku. 

Selamat Dan Sukses, semoga kebaikan selalu mengiringi niat baik mas Gong dan Keluarga.

"Dengan atau tanpa pengukuhan sebagai Duta Baca Indonesia sekalipun, mas Gol A Gong memang sebagai Tokoh Pemerhati sekaligus Tokoh Baca Indonesia."

Untuk teman-teman yang ingin baca buku karya Gol A Gong, silahkan klik link http://bit.ly/BaladaSiRoy_GolAGong




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline