Lihat ke Halaman Asli

Raudatul Nurjannah

Manajemen UNDIP18

Kurang Berkembang, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pemasaran pada Salah Satu UMKM Kerupuk Kamang

Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kamang Mudiak (4/8/2021)- Berdasarkan survey ke lokasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP, beberapa UMKM yang memproduksi kerupuk kamang masih belum benar-benar memahami tentang pentingnya pemberian nama merek dan packaging yang baik untuk lebih dikenal oleh konsumen. Bahkan, kebanyaan Pemilik UMKM kerupuk kamang ini menjual produknya ke pengepul dengan packaging berupa produk yang diikat dengan tali ravia. 

Beranjak dari situasi  dilapangan, Branding merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dibangun apalagi di era globalisasi yang menyebabkan hilangnya hambatan sehingga persaingan usaha juga semakin ketat.  Brand diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antar produk. ini bukan hanya skedar merek atau produk dikenal saja tetapi juga sebagai image UMKM secara keseluruhan ataupun bagaimana konsumen merasa bahwa produk kita adalah yang terbaik. dapat disimpulkan bahwa ada beberapa manfaat yang dapat dperoleh dari adanya Branding yang baik ini yaitu :

1. memberikan daya tarik bagi konsumen

2. memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan Loyalitas pelanggan

3. membuka peluang bagi pemilik UMKM untuk memperoleh harga jual yang baik

4. peluang bagi UMKM untuk memudahkan dalam melakukan differensiasi produk

5. menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan peroduk UMKM tersebut dengan UMKM lainnya.

Mahasiswa KKN UNDIP mencoba memberikan edukasi kepada pemilik UMKM untuk perbaikan disegi strategi pemasaran untuk lebih memikat konsumen dan memperluas pangsa pasar dengan memunculkan merek dan packaging yang baik. diharapkan dengan adanya edukasi ini, para pelaku UMKM kerupuk kamang bisa bersaing di pasar. 

Dokpri

Publisher : Raudatul Nurjannah

DPL : Fajrul Falah. S.Hum.,M.Hum




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline