Mohon tunggu...
Raudatul Nurjannah
Raudatul Nurjannah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Manajemen UNDIP18

hidup hanya sekali, lakukan apa yang ingin kamu lakukan!

Selanjutnya

Tutup

Money

Kurang Berkembang, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pemasaran pada Salah Satu UMKM Kerupuk Kamang

4 Agustus 2021   14:00 Diperbarui: 4 Agustus 2021   15:20 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamang Mudiak (4/8/2021)- Berdasarkan survey ke lokasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP, beberapa UMKM yang memproduksi kerupuk kamang masih belum benar-benar memahami tentang pentingnya pemberian nama merek dan packaging yang baik untuk lebih dikenal oleh konsumen. Bahkan, kebanyaan Pemilik UMKM kerupuk kamang ini menjual produknya ke pengepul dengan packaging berupa produk yang diikat dengan tali ravia. 

Beranjak dari situasi  dilapangan, Branding merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dibangun apalagi di era globalisasi yang menyebabkan hilangnya hambatan sehingga persaingan usaha juga semakin ketat.  Brand diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antar produk. ini bukan hanya skedar merek atau produk dikenal saja tetapi juga sebagai image UMKM secara keseluruhan ataupun bagaimana konsumen merasa bahwa produk kita adalah yang terbaik. dapat disimpulkan bahwa ada beberapa manfaat yang dapat dperoleh dari adanya Branding yang baik ini yaitu :

1. memberikan daya tarik bagi konsumen

2. memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan Loyalitas pelanggan

3. membuka peluang bagi pemilik UMKM untuk memperoleh harga jual yang baik

4. peluang bagi UMKM untuk memudahkan dalam melakukan differensiasi produk

5. menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan peroduk UMKM tersebut dengan UMKM lainnya.

Mahasiswa KKN UNDIP mencoba memberikan edukasi kepada pemilik UMKM untuk perbaikan disegi strategi pemasaran untuk lebih memikat konsumen dan memperluas pangsa pasar dengan memunculkan merek dan packaging yang baik. diharapkan dengan adanya edukasi ini, para pelaku UMKM kerupuk kamang bisa bersaing di pasar. 

Dokpri
Dokpri

Publisher : Raudatul Nurjannah

DPL : Fajrul Falah. S.Hum.,M.Hum

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun