Lihat ke Halaman Asli

Ratnawati

Mahasiswa

Fitur Layanan JNE Sangat Membantu Usaha di Masa Pandemi

Diperbarui: 23 Januari 2022   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Oleh : Ratnawati

Awal yang berat ketika baru akan merintis sebuah usaha. Banyak tantangan yang akan dihadapi, apalagi dimasa pandemi yang saat ini dialami. Mundur dari usaha yang saat ini dirintis sama saja menyerah dengan keadaan.

Dukungan dari segala aspek adalah hal yang diperlukan seorang pelaku usaha mikro dalam menjalankan usaha dimasa pandemi. Karena berkembang, berprogres dan adaptasi dengan lingkungan saat ini adalah hal yang sangat diperlukan. 

Memang tidak mudah beradaptasi dengan keadaan sekarang, menghadapi culture shock itu pasti, apalagi dalam dunia usaha, yang awalnya hanya membuka offline mau tidak mau harus belajar digitalisasi agar usaha tetap berjalan seperti biasanya.

Saya ambil contoh usaha yang dijalankan oleh tetangga di sekitar rumah. Membuka toko baju untuk menunjang ekonomi dengan modal yang tidak banyak berharap bisa menghidupi kebutuhan keluarga. Kemudian diambillah nama toko mawar. Awalnya toko mawar hanya beroperasi secara offline, karena adanya anjuran dari pemerintah untuk di rumah saja. 

Pengunjung mulai berkurang dan sangat berpengaruh pada pendapatan yang diterima toko. Dari sinilah toko mawar mulai memperomosikan barang dagangannya secara online melalui media sosial dan market place.

Belanja online untuk sebagian orang memang sudah tidak asing, tapi bagi toko mawar yang baru mengenal hal ini dimasa pandemi harus teliti dan belajar dari awal tentang teknologi jual beli nonline.

Sebenarnya para UMKM di indonesia tidak perlu risau, karna ketika sudah menjadi bagian UMKM di indonesia pastinya akan go digitalisasi. 

Seperti data yang di dapat dari kementerian koperasi UMKM bahwa UMKM dimasa pandemi sangat meningkat. Dan sebanyak 16,4 jt UMKM yang go digitalisasi. Ada 7 layanan usaha bagi UMKM, salah satunya logistik dimana layanan ini bekerjasama langsung dengan jasa pengiriman JNE.

Dari sini toko mawar mulai mengenal jasa kirim JNE untuk menunjang proses pengiriman ke seluruh daerah costumer yang memesan.

 JNE  yaitu perusahaan jasa kirim yang didirikan tahun 1990, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline