Lihat ke Halaman Asli

Rahmawati

Mencoba membuat artikel

KKN UPI 2021: Meningkatkan Minat Literasi Baca Tulis, Numerasi, dan Sains pada Siswa TK

Diperbarui: 24 September 2021   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Literasi dan Rekognisi MBKM-PUSPRESNAS yang bertujuan untuk mengupayakan peningkatan Literasi baca tulis, numerasi dan sains pada siswa dalam pembelajaran daring saat ini.

Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan pendidikan pra-sekolah bagi anak usia dini antara rentang usia 4-6 tahun. Pada masa ini disebut dengan golden age (keemasan) yang mana perkembangan otak anak harus diberikan stimulus atau rangsangan, agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk mencapai hal itu diperlukan upaya dalam menciptakan strategi pembelajaran yang sebaik mungkin. Namun karena adanya wabah virus global yakni Covid 19 di tahun 2021 ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran No 4 tahun 2020 yang menetapkan bahwa sejak tanggal 24 maret 2020 proses pembelajaran pada semua jenjang pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini dilakukan dari rumah melalui sistem pembelajaran daring.

Peraturan tersebut tentunya mengubah paradigma proses pendidikan yang sebelumnya pembelajaran dijalankan secara langsung atau tatap muka sekarang dijalankan secara daring. Dalam pembelajaran daring siswa dan guru dapat berinteraksi melalui aplikasi seperti google classroom, zoom meeting, atau menggunakan whatsapp group sebagai sarana dalam proses pembelajaran.

Sistem pembelajaran ini masih tergolong baru, mengingat usia siswa TK yang tergolong masih dini membuat pembelajaran daring memiliki banyak sekali pertimbangan. Karena pada usia ini, untuk penguasaan teknologi dan juga proses pembelajaran sangat memerlukan pendampingan dari orangtua. Perubahan sistem pembelajaran ini tentunya berdampak bagi banyak pihak, terutama guru. Guru diharapkan untuk berpikir kreatif dan kompeten agar proses belajar mengajar berjalan efektif walaupun dilakukan secara daring. Maka dari itu, perlunya kerjasama antara orang tua dan guru dalam mendampingi proses pembelajaran anak di rumah.

Dokpri

Peran media pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dikarenakan media pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk membantu proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, saya sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ingin membuat media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif media pembelajaran yang saya gunakan saat melaksanakan KKN Tematik yaitu Media Pembelajaran Flanel Board (Papan Flanel) yang bertujuan untuk mengupayakan peningkatan Literasi baca tulis, numerasi dan sains pada siswa Taman Kanak-kanak. Flanel Board adalah sebuah papan dari steorofoam yang dilapisi kain flanel berfungsi sebagai media dasar atau alas untuk melekatkan sesuatu seperti huruf, angka, maupun gambar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline