Lihat ke Halaman Asli

Rahman Wahid

TERVERIFIKASI

Mahasiswa

Beberapa Singkatan Alternatif KKN yang Tidak Kalah Faedahnya

Diperbarui: 17 Juni 2019   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: Pixabay/gavilla

Lagi-lagi Kuliah Kerja Nyata (Selanjutnya ditulis KKN) menjadi isu yang hot sepanas api neraka dan gemas untuk diperbincangkan seperti waktu lamaran kita, ehhh. Banyak diantara mahasiswa yang sudah tidak sabar untuk terjun dan guyub dalam program ini. Sebagai ritual tahunan KKN sayangnya tidak banyak mengalami inovasi dan kreasi yang menonjok, terutama dalam singkatannya.

Beberapa diantara kita mungkin jengah dengan singkatan KKN yang itu-itu saja. Padahal niscaya esensi KKN pun bisa kita ejawantahkan melalui singkatan lain KKN tanpa meninggalkan esensi, tetapi agar lebih cetar bisa ditambah bumbu penyedap rasa disana-sini. Tentu penggunaan altenatif ini sebagai gambaran bahwa banyak hal dapat terjadi dalam proses KKN. Tidak hanya berfokus pada kerja nyata mahasiswa tapi juga pada jalan hidup dan masa depan mahasiswa itu sendiri.

Kuy langsung cek beberapa singkatan alternatif yang bisa saja benar dan bahkan lebih dari kebenaran itu sendiri.

1. Kuliah Kerja Nyantai

Banyak senior yang mengatakan perihal singkatan ini. Mereka banyak berbicara bahwa pada kegiatan KKN akan banyak sekali terdapat waktu luang. Hal itu tak lain karena pelaksanaan program di desa tidak dalam waktu yang panjang dan intens. Misalnya program kerja bakti dimulai jam 8 pagi sampai 11 siang, sesudahnya jika tidak ada lagi program ya itu jadi waktu untuk bersantai ria.

Adapun agenda rutinan tiap hari pun misalnya seperti mengajar mengaji itu tidak lama, sekitar satu atau dua jam ba'da ashar pun cukup. Maka dengan begitu waktu bagi mahasiswa untuk bersantai menjadi lebih banyak dan panjang. Tapi meski begitu tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan bukan?

2. Kuliah Kerja Nambah

Berdasarkan penuturan senior, banyak penambahan yang dapat terjadi ketika sedang atau setelah KKN. Beberapa diantaranya ada yang mengaku nambah chuby dan squishy selepas KKN. Ada lagi yang lain mengaku bahwa ukuran perutnya nambah maju dan melebar. Nambah lainnya tentu saja nambah pengalaman. Selama 40 hari berada di tengah-tengah masyarakat tentu akan banyak sekali pengalaman hidup yang menjadi bekal berharga. Nambah lainnya ya sukur-sukur bisa nambah sholeh, nambah penghasilan, dan nambah relasi bisnis juga beb.

3. Kuliah Kerja Nombokan

Nombokan berasal dari bahasa Sunda yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti menutup kekurangan uang. Tentu balada dalam KKN tidak bisa dipisahkan dengan permasalahan finansial dari para mahasiswa. Di satu sisi KKN menjadi momen akbar mahasiswa, namun di sisi lainnya yang gelap KKN juga menjadi sebuah momen manakala uang mahasiswa harus terkuras sampai amblas, bersih, dan kosong. Kosong? Astaghfirullahaladzim.

Bayangkan saja untuk persiapan KKN mahasiswa biasanya harus membayar biaya ini itu semisal iuran KKN itu sendiri, jaket, sewa rumah, seminar, operasional program, transportasi dan biaya tak terduga lainnya. Sudah pasti kegiatan ini akan menguras daya finansial para mahasiswa, apalagi jika dari pihak kampus tidak memberikan kucuran dana. Upssss. Sepeserpun. Ehhhh. Birokrasinya ribet. Cukup Esmeralda!

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline