Lihat ke Halaman Asli

Rahma Adelita

Mahasiswa

Kekerasan Seksual

Diperbarui: 24 Agustus 2022   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kekerasan Seksual
 
Media sosial akhir-akhir ini sering dikejutkan dengan berbagai macam kasus kekerasan seksual yang terjadi pada setiap kalangan baik untuk jenis kelamin perempuan bahkan laki-laki yang sebelumnya yang jarang terjadi.

Kasus kekerasan seksual saat ini pun semakin beragam jenis dan kasusnya seiring dengan perkembangan jaman dengan semakin cepatnya informasi yang bisa diakses oleh masyarakat.

Kekerasan seksual sendiri didefinisikan sebagai suatu perbuatan yang merendahkan, menghina, melecehkan, dan/atau menyerang tubuh, dan/atau fungsi reproduksi seseorang.

Kekerasan seksual ini memiliki dampak yang sangat buruk karena seseorang yang dikenai kekerasan tersebut dapat mengalami yang namanya penderitaan kondisi psikis dan juga fisiknya.

Di sisi lain, adanya kekerasan seksual ini bisa berakibat fatal di mana yang dikenai kekerasan tersebut dapat terganggu kesehatan dari alat reproduksinya atau mengalami luka yang lain.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan adanya kekerasan seksual seperti kebiasaan menonton konten-konten porno yang memancing pelaku kekerasan seksual untuk dapat mempraktekan apa yang dilihat, kemudian adanya catat mental ataupun kondisi lingkungan yang mendesaknya.

Oleh karena itu perlu bagi masyarakat untuk melakukan langkah preventif dengan terus waspada terhadap pihak-pihak yang mungkin berpotensi untuk melakukan pelecehan seksual, kemudian juga menjaga cara berpakaian yang tidak memancing nafsu seseorang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline