Lihat ke Halaman Asli

rafly ahmad nur pramudi

mahasiswa uin sunan kalijaga 21107030103

Jokowi Izinkan Lepas Masker, Apakah Pandemi Ini Sudah Berakhir? Berikut Penjelasanya

Diperbarui: 18 Mei 2022   21:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Joko Widodo (@jokowi) * Instagram photos and videos 

Presiden Jokowi mengizinkan lepas masker dari sosial media "Instagram" pribadinya. Pandemic yang sudah berjalan 2 tahun ini mengakkibatkan kita diwajibkan penggunaan masker baik didalam dan luar ruangan guna mengurangi mata rantai penyebaran.

Perizinan ini mendapatkan komentar positif dari warga net dalam akun sosial media miliknya. Penggunaan masker diluar ruangan banyak yang mengeluh karena sirkulasi udara terhambat dan membuat pernafasan menjadi engap.

Dalam pengumumanya kebijakan terbaru ini tentang aktivitas penggunaan masker  diluar ruangan terbuka dan didalam ruangan, transportasi umum, masker harus tetap digunakan demi menjaga tidak terkena virus.

"pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas diluar ruangan atau diarea terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker." Dilansir dari akun Youtube Sekertariat Presiden, Selasa(17/5/2022).

"namun kegiatan diruangan tertutup dan transportasi public tetap menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori arentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan atau menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker Ketika melakukan aktivitas." Ungkap Jokowi.

Selain pelonggaran masker, Jokowi mengumunkan kebijakan terbaru terkait perjalanan dalam dan luar negeri.

"bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis lengkap, maka sudah tidak perlu lagi melakukan tes swab PCR ataupun antigen," ungkap Jokowi.

Dengan pengumuman yang diberikan Presiden merupakan pertanda awal untuk mengumumunkan masa transisi dari pandemic ke endemic menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

"ini adalah dua keputusan penting yang merupakan Langkah awal untuk transisi dari pandemic dan endemic" ungkap Menkes dalam Youtube sekerteriat presiden.

Dalam kebijakan ini merupakan pertanda awal dan pemerintah tetap memantau kondisi berikutnya. Pengendoraan kebijakan diharapkan mengubah kondisi pandemic ini menjadi lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline