Tidak bisa kita pungkiri media sosial saat ini seperti jamur di musim hujan. Maraknya penggunaan media sosial tentu membawa berbagai dampak bagi kehidupan di masyarakat baik itu hal yang positif atau hal yang negatif. Tentu kita harus lebih cerdas dalam menggunakan media sosial. Banyak hal yang bisa kita lakukan di media sosial seperti berkomunikasi dengan orang terdekat, berbagi tautan, maupun untuk bisnis. Dari berbagai manfaat yang bisa kita gunakan di media sosial, saya akan membahas manfaat media sosial secara spesifik yaitu mengenai media sosial untuk bisnis online.
Sosial media telah menjadi faktor penting bagi bisnis online di seluruh dunia terutama Amerika serikat. Adanya media sosial sangat menentukan keberhasilan suatu usaha online seperti website atau blog. Oleh sebab itu para pengusaha sangat memperhatikan faktor ini demi kemajuan usahanya.
Terlepas dari itu masih banyak kegunaan dari media sosial yang bisa kita manfaatkan, diantaranya:
Media Sosial untuk Dunia Pendidikan
Anda dapat menggunakan media sosial sebagai wadah untuk menambah pengetahuan anda. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan ilmu di media sosial. Kita tidak harus bertemu dengan suatu komunitas atau group belajar untuk membahas materi pembelajaran, kita tidak harus bertatap muka jika kita ingin menanyakan ilmu yang belum kita pahami. Cukup menggunakan media sosial kita bisa belajar di rumah dengan orang di luar sana.
Bahkan banyak instansi sekolah menggunakan media sosial untuk memberi tugas kepada siswanya. Tentunya dengan adanya media sosial kita bisa belajar dimana saja dan kapanpun.
Media Sosial untuk Dunia Travelling
Kita tahu media sosial salah satu faktor pendukung yang besar peranannya bagi wisata di dunia. Banyak para pelancong mengabadikan moment wisata yang mereka alami kemudian membagikannya ke media sosial. Secara tidak langsung mereka mempromosikan tempat-tempat yang mereka kunjungi. Sehingga para pengguna media sosial bukan tidak mungkin mereka tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.
Bahkan para pihak pengembang daerah wisata menggunakan media sosial untuk mempromosikan daerah wisata kepada masyarakat luas. Jadi makin banyak orang tahu wisata yang mereka kelola.
Media Sosial untuk Dunia Usaha
Dengan adanya media sosial yang notabene memiliki banyak pengguna, tentu itu menjadi peluang bagi para pengusaha untuk memasarkan produk yang mereka miliki. Mereka bisa mempromosikan produknya di berbaga media sosial seperti facebook, Instagram, Twitter, Google+, dll.
Dengan begitu media sosial menjadi wadah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha dan kita bisa memanfaatkannya secara gratis.
Media Sosial untuk Dunia Kerja
Kita bisa mencari informasi mengenai lowongan kerja tanpa harus mencari tempatnya terlebih dahulu. Dan saya rasa ini sangat efesien baik dari segi waktu dan tenaga. Bahkan saat ini ada beberapa perusahaan menerima surat lamaran kerja menggunakan email.
Kita juga bisa menggunakan media sosial untuk memberi tahu rekan kerja kita tentang informasi atau pengumuman dari perusahaan tempat kita kerja. Jadi kita tidak perlu SMS atau menelpon mereka satu per satu. Cukup dengan menggunakan media sosial kita bisa memberi tahu mereka dengan satu waktu.