Lihat ke Halaman Asli

Alasan Indonesia Menjadi Negara Paling Dermawan

Diperbarui: 8 November 2018   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Google

Sebuah bangsa sejatinya memiliki karakteristik dan ciri khas dari negaranya masing-masing. Ada yang baik dan ada pula yang buruk. Sumber daya manusia dalam hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap penilaian suatu negara di mata dunia. 

Baru-baru ini Indonesia menjadi sorotan dunia atas predikat yang didapat sebagai "Negara Paling Dermawan di Dunia". Sungguh sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Sebagai bangsa Indonesia kita patut bersyukur dan berbangga hati atas predikat ini. 

Namun, apa yang membuat Indonesia dikatakan sebagai negara paling dermawan sedunia? Indikator apa saja yang menjadi penilaian masyarakat dunia?

Berdasarkan laporan Charities Aid Foundation (CAF) mengenai CAF World Giving Index 2018' pada Oktober 2018, hasil survei lebih dari 150 ribu orang di 146 negara menyatakan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang paling sering membantu negara lain. Penilaian dari hasil survei tersebut dilihat dari beberapa bidang, yakni:

1. Membantu Orang Tak Dikenal

Ternyata orang Indonesia tidak hanya senang membantu sesama bangsanya saja, tetapi juga terhadap orang asing. Hal ini terbukti dari hasil survei bahwa persentase masyarakat Indonesia dalam membantu orang tak dikenal sebesar 46%. Walaupun masih di bawah Australia, angka tersebut sangat menggambarkan perilaku orang Indonesia yang suka membantu satu sama lain.

2. Memberikan Donasi Uang

Persentase sebesar 78% didapatkan oleh Indonesia dalam hal membantu donasi uang kepada sesama. Pencapaian ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup tinggi dibanding negara-negara lain. Hal ini tak terlepas dari keterlibatan para filantropi di negeri ini.

3. Partisipan Menjadi Relawan

Kegiatan untuk menjadi relawan ketika terjadinya bencana alam atau konflik sangatlah dibutuhkan. Indonesia adalah negara yang sangat sering mengirimkan warga negaranya untuk menjadi partisipan relawan dalam berbagai kegiatan di dunia. Terbukti dari hasil yang diraihnya sebesar 53% dalam hal menjadi relawan. 

Prestasi-prestasi seperti ini sudah selayaknya dipertahankan oleh tanah air kita ini. Baiknya pandangan dunia kepada Indonesia akan sangat berpengaruh besar terhadap kemajuan negara kita. Rasa simpati akan tumbuh dari berbagai negara dan bukan tidak mungkin mereka akan dengan senang hati mengulurkan tangan mereka untuk bersahabat dengan negara Indonesia. Prinsip "Gotong-Royong" sepantasnya tetap dipegang teguh oleh masing-masing individu. Dengan begitu, Indonesia akan tetap dikenal sebagai bangsa yang suka tolong-menolong dengan sesamanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline