Lihat ke Halaman Asli

bahrul ulum

TERVERIFIKASI

Kompasianer Brebes Community (KBC) - Jawa Tengah

Bumbon Menu Pavorit Warga Pagi Hari

Diperbarui: 31 Maret 2018   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bumbon/Doc Fafa Faruq

Hampir semua masakan di warung tegal, warung sederhana, warung rujukan para supir truck ataupun supir pengangkut barang box, menu yang paling mudah ditemui adalah tempe yang sudah diolah dengan sedikit bumbu yang sedap tentunya. Yakni Bumbon. 

Bumbon juga menjadi menu andalan bagi para petani ketika menikmati masakan paginya, mereka akan membuka nasi bungkusnya dan didalamnya ada tempe bumbon. 

Bahan baku tempe bisa dibuat beraneka ragam bentuknya, ada tempe kering, ada tempe masakan kering, ada tempe goreng, ada tempe dikasih tepung menjadi gorengan tempe, dan ada juga tempe yang di bumbuni jadi tempe bumbon. 

Tempe menu pavorit warga, kaya miskin suka dengan tempe, jika di Bumi Indonrsia mencari tempe lebih mudah dibandinhkan mencari telor asin atau telor ayam kampung. Anda cukup datang ke pasar induk atau pasar pagi pada jam 06.00 Wib dipastikan masih banyak yang menjual tempe kedelai.

Tren sekarang bakul atau penjual tempe juga mulai keliling desa, mereka membawa tempenya pakai sepeda onthel atau sepeda motor yang dikasih tempat dari kayu atau besi yang sudah diragum oleh penjualnya, setiap hari mereka menjajakan tempe tersebut untuk keperluan warung, rumahtangga bahkan pesanan para ibu yang hajatan manten atau sunat. 

Sehari bisa puluhan kilo habis, anehnya makanan tempe tidak pernah terasa bosan, bahkan cenderung dinikmati semu usia, tanpa mengenal usia anak, remaja maupun lansia, mereka tidak protes jika meny tempe sebagai menu andalannya. 

Bahkan bila seorang petani di sawah, dengan satu bungkus nasi dikasih lauk pauk tempe dan gesek ikan saja sudah berkeringat dan terasa nikmat tentunya, mereka benar-benar merasakan sensasi rasa dibandingkan jika dikasih nugget atau ayam chicken yang dikasih bumbu caos. 

Bagi mereka tempe bumbon itu tiada duanya, kaya gizi dan mudah dicari, bahkan menjadi menu wajib di dalam berkat manten atau sunat yang sering dibawa oleh mereka yang menghadiri pernikahan di pedesaan, termasuk pihak catering pun menjadi syarat utama tempe harus ada. 

Gorengan di kampung pun bahan bakunyang wajib adalah tempe, baik itu tempe mendoan maupun tempe penyet dikasih bumbu trasi, terasa nikmat sekali. Mendoan tempe lebih digemari para penikmat masakan kaki lima terutama yang mangkal di malam hari, menu nasi kucing dan tempe pun menjadi pilihan para penikmat kuliner. 

Tempe merupakan sumber protein yang tinggi dengan kandungan sekitar 18 jenis protein dan asam amino yang mudah dicerna tubuh. Sangat cocok untuk mereka yang menjalani diet dan weight loss seperti para atlet binaraga dan fitness mania. 

Menurunkan serangan penyakit jantung kenapa demikian, karena tempe Menetralkan efek negatif kolesterol jahat karena banyak mengandung lemak tak jenuh majemuk (PUFA), niasin, Omega 3 dan 6 sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung (koroner).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline