Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Naufal

aku gabut gaesh

Budidaya Lebah Madu Pramuka

Diperbarui: 23 Mei 2019   08:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

patung lebah di Taman Wisata Lebah Cibubur, Jakarta _ Dokpri

Madu memiliki khasiat yang sangat banyak, tetapi banyak yang tidak tahu bagaimana sebuah madu itu dihasilkan. Bagi kalian yang ingin belajar bagaimana membudidaya lebah madu sampai ke tahap produksinya tanpa harus jauh-jauh keluar dari kota Jakarta. 

Taman Wisata Lebah yang terletak di Cibubur, Jakarta menjadi lokasi yang tepat untuk kalian. Lokasinya yang persis berada di pinggir Buperta Cibubur ini dapat menjadi destinasi yang tepat untuk kalian yang tertarik memproduksi madu sendiri.

Madu yang biasa kita konsumsi memiliki banyak varian, varian tersebut tergantung berasal dari manakah lebah mendapatkan madu tersebut. Seperti madu kelengkeng yang berasal dari nektar pohon kelengkeng dan masih banyak lagi macam madu yang ada.

Madu yang di produksi di taman wisata lebah Cibubur ini berasal dari lebah yang sengaja di buat sarangnya dengan menggunakan kotak dan meletakkan ratu lebah yang nantinya akan membuat koloni lebah.

 Saat koloni lebah sudah terbentuk, maka lebah pekerja akan terus menerus mencari nectar dari bunga atau pohon di sekitar sarangnya. Lebah dapat menjelajah mencari nectar yang jauhnya hingga 2 kilometer dari sarangnya. Pada proses ini tidak selalu lebah dapat pulang dengan membawa nectar dari pohon sekitar.

 Jika hal ini terjadi maka sarang yang sengaja di buat tidak bisa di panen madunya dan harus menunggu beberapa hari kedepan, itupun tergantung apakah di sekitar sarang lebah tersebut memiliki nectar bahan baku dari madu. 

Jika dalam sarang lebah tersebut terdapat madu yang banyak maka proses selanjutnya dapat di lakukan. Proses selanjutnya adalah memasukan sarang lebah kedalam mesin ekstraktor, mesin ini ada dua jenis, ada yang manual dan automatis. di taman wisata lebah Cibubur ini hanya terdapat mesin ekstraktor manual yang dapat mengekstrak madu dari sarangnya hingga empat sarang sekaligus. 

Dalam satu sarang lebah jika penuh dengan madu kurang lebih dapat menghasilkan 600 mililiter madu. Setelah di keluarkan dari sarangnya madu ini dapat langsung di kemas dalam beberapa ukuran kemasan dan di beri label sesuai dengan  jenis madunya.

Madu yang berkhasiat ini di jual di area parkiran Taman Wisata Lebah Cibubur, Jakarta. Bagi anda yang ingin membeli madu yang banyak manfaatnya ini dapat langsung mendatangi gerai penjualan madu pramuka ini (Naufal)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline