Lihat ke Halaman Asli

Abdul Hakim

Saya adalah seorang akademisi yang aktif di dunia pendidikan

Segerakan Pahala Hajimu Sedari Muda

Diperbarui: 29 September 2020   22:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Islam dibangun diatas lima hal seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits

: , , . ( )

"Islam dibangun atas lima pekara. (1) Persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) melaksanakan ibadah haji, dan (5) berpuasa Ramadhan". [HR Bukhari dan Muslim].

Lima hal yang disebutkan dalam hadits di atas juga kita kenal sebagai rukun Islam. Rukun Islam yang merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan untuk menyempurnakan iman seorang muslim.

Islam merupakan agama kasih sayang, Allah Swt Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang selalu memberikan kasih sayangnya kepada seluruh ummat manusia. Selain itu Islam juga memberikan kemudahan bagi ummatnya dalam berlomba-lomba dalam kebaikan, berlomba-lomba dalam meraih pahala serta kebaikan yang dijanjikan oleh Allah Swt.

Salah satu kemudahan tersebut adalah pahala yang diberikan Allah ketika kita sudah berniat akan melakukan kebaikan. Dalam sebuah riwayat hadits yang berbunyi

: .

Dari Ibnu 'Abbs Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tentang hadits yang beliau riwayatkan dari Rabb-nya Azza wa Jalla . Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya Allh menulis kebaikan-kebaikan dan kesalahan-kesalahan kemudian menjelaskannya. Barangsiapa berniat melakukan kebaikan namun dia tidak (jadi) melakukannya, Allh tetap menuliskanya sebagai satu kebaikan sempurna di sisi-Nya. Jika ia berniat berbuat kebaikan kemudian mengerjakannya, maka Allh menulisnya di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kali lipat sampai kelipatan yang banyak. Barangsiapa berniat berbuat buruk namun dia tidak jadi melakukannya, maka Allh menulisnya di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Dan barangsiapa berniat berbuat kesalahan kemudian mengerjakannya, maka Allh menuliskannya sebagai satu kesalahan." [HR. al-Bukhri dan Muslim dalam kitab Shahiih mereka]

Manusia telah memiliki ketetapan akan usianya, dan itu merupakan rahasia Allah yang tak seorangpun tahu. Tugas manusia di dunia ini bukanlah memikirkan kapan ia akan mati, tapi manusia harus senantiasa beribadah tanpa henti sebagai bekal di akhirat kelak. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita bersegera dalam kebaikan, selagi usia masih ada maka tiada kata terlambat ataupun terlalu cepat.

Salah satu hal yang menjadi kewajiban ummat Islam adalah melaksanakan ibadah haji. Tak mengenal usia tua atau muda semua memiliki kewajiban yang sama dalam berhaji. Haji yang merupakan salah satu pilar agama merupakan ibadah yang sarat akan makna kehidupan. 

Dengan haji kita diajak untuk turut mengambil pelajaran dari perjuangan nabi Ibrahim A.S dan keluarganya dalam menjalankan ketaatan akan perintah Allah SWT. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline