Lihat ke Halaman Asli

One Village One CEO

Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim

Kelompok Tani Sinar Cabe Gelar Pelatihan Sertifikasi Organik Bersama Mahasiswa IPB di Desa Sumbermulyo

Diperbarui: 19 September 2022   00:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kelompok Tani Sinar Cabe bersama mahasiswa IPB yang tergabung dalam Program OVOC  2022 menggelar kegiatan pelatihan sertifikasi organik (9/8). Sertifikasi organik menjadi salah satu persyaratan peredaran produk buah naga ke luar daerah. Dikenal sebagai daerah pengekspor buah naga terbesar di Indonesia, buah naga khas Banyuwangi diketahui menggunakan teknik budidaya secara organik yang telah tersertifikasi organik.

 Acara ini berlangsung di kediaman Bapak Sugito yang dihadiri oleh Bapak Anang Budianto perwakilan dari BPL (Badan Pengelola Latihan), Bapak Ujang Dedi Kusnandar perwakilan pihak mitra (Nusa Fresh), Bapak Martijo selaku penasehat kelompok tani Sinar Cabe, Bapak Imanudin perwakilan YDBA (Yayasan Dharma Bakti Astra), Ibu Didin Yulilenaningtyas S.Pt. perwakilan BPP (Balai Penyuluh Pertanian), dan Mahasiswa OVOC IPB, Serta Pemateri oleh Bu Sumartini.

dokpri

Adapun Tujuan acara ini diselenggarakan adalah sebagai pertemuan rutin tiap satu bulan, juga persiapan anggota kelompok tani untuk mendapatkan sertifikat organik. Isi dari kegiatan ini pertama pemberitahuan mengenai langkah awal persyaratan sertifikasi organik dengan pembersihan ladang bagi anggota yang namanya sudah terdaftar di BPP (Balai Penyuluh Pertanian), dan kegiatan selanjutnya yaitu praktek pembuatan MOL Bonggol pisang, MOL Zat perangsang buah naga, dan MOL Nasi sebagai pupuk organik. Maka dari itu kegiatan ini diharapkan dapat membantu anggota untuk mandiri dalam pemenuhan kebutuhan pupuk organik sebagai pengganti pupuk kimia.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline