Lihat ke Halaman Asli

NurhasnahSS

An English Teacher

HUT Pendidikan Nasional UPT SMP Negeri 2 Tigaraksa 2023

Diperbarui: 2 Mei 2023   23:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Hari Pendidikan Nasional di peringati  setiap Tanggal 2 Mei pada setiap tahun.  Tanggal ini merupakan tanggal kelahiran seorang tokoh pendidikan Bangsa yaitu Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang lebih di kenal dengan sebutan KHD( Ki Hajar Dewantara).   KHD dilahirkan di Yokyakarta tepatnya di daerah Pakualaman pada Tanggal 2 Mei Tahun 1889. Ki Hajar Dewantara meninggal pada Tanggal 28 April Tahun 1959 di Yokyakarta.

 Ki Hajar Dewantara mendirikan taman siswa pada tahun 3 Juli  1922. Taman siswa didirikan oleh KHD sebagai bentuk  perlawanan beliau terhadap pemerintahan Belanda yang mendeskriminasikan pendidikan pada  rakyat Indonesia (Pribumi ). Perlawanan beliau dilakukan melalui tulisan.  Adapun Judul tulisan beliau yang terkenal itu merupakan salah satu  perjalanan panjang  dari perjuangan beliau sehingga beliau di asingkan ke pulau Bangka. Namun kedua rekan beliau protes  terhadap keputusan  tersebut dan akhirnya mereka  bertiga di asingkan ke Belanda.  Ketiga tokoh ini terkenal dengan sebutan Tiga serangkai. Judul tulisan beliau   yaitu " Als ik een Nedernader was"  di muat pada surat kabar De Express pimpinan DD 13 Juli 1913.  Kutipan ini sangat  membuat pemerintahan Belanda marah dan membuat keputusan yang berat bagi KHD dan kawan- kawan beliau.

Dokpri

Adapun penggalana   kutipan itu berisi tentang" sekiranya aku seoarang Belanda,aku tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di Negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya.  

Sejajar dengan jalan pikiran itu,bukan saja tidak adil,tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memberikan sumbangan untuk dana perayaan itu.  Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka,dan sekarang kita keruk pula kantongnya.  Ayo teruskan saja penghinaan lahir  dan bathin itu. ! kalau aku seorang Belanda,hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa Inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu kegiatan yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya"

https://ms.wikipedia.org/wiki/Ki_Hadjar_Dewantara

Tulisan ini merupakan sindiran yang sangat luar biasa menggambarkan bagaimana perlakuan Pemerintahan Belanda pada rakyat Indonesia.  KHD sebagai anak Bangsa yang cerdas dan memiliki dasar Spritual yang kuat  memperjuangkan nasib bangsanya dengan tulisan tersebut. 

 Ki Hajar Dewantara merupakan Mentri pendidikan pertama Indonesia.  Karena perjuangan beliau  inilah Negara Indonesia memiliki pendidikan yang  berlandaskan  pada "Ingarsa sung tuladha, Ing Madya Mangunkarsa, Tut Wuri Handayani ( di depan memberikan contoh, ditengah memberikan semangat dan di belakang memberikan dorongan).

Peringatan hari Pendidikan Nasional  kali ini dirayakan dengan melaksanakan upacara Bendera dan peserta upacara  menggunakan baju adat daerah sebagai bukti kekayaan bangsa Indonesia yang kaya akan adat istiadat dan budaya Bangsa. Tema peringatan Hari pendidikan Nasional Tahun 2023 adalah 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".  Semua sekolah  merayakan dengan penuh suka cita.   UPT SMP Negeri 2 Tigaraksa juga melaksanakan perayaan Hari pendidikan Nasional sesuai dengan arahan dari kemendikbud Ristek.  Semua  peserta sangat antusias mulai dari murid sampai pada pendidik dan tenaga kependidikan .  Indahnya Indonesiaku. Meski beragam budaya dan adat istiadat kami tetap satu dan kami bangga terhadap budaya yang kami miliki sebagai jati diri anak Negeri

 Selamat Hari Pendidikan  Nasional 2 Mei Tahun 2023 bagi semua guru Hebat Indonesia dimana saja berada. Salam dan Bahagia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline