Lihat ke Halaman Asli

Dr. Nugroho SBM MSi

Saya suka menulis apa saja

Tips Menghadapi Kritik dari Teman Kerja

Diperbarui: 10 Oktober 2022   00:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gaambar: pexels.com

Dalam pekerjaan sering kita menerima kritik dari teman kerja kita. Kritik yang dilontarkan kepada kita sebenarnya bertujuan baik yaitu agar kita dan pekerjaan kita menjadi lebih baik. Namun jika tidak pandai-pandai menghadapi kritik dari teman kerja maka kritik tersebut akan menjatuhkan mental kita dan membuat kita tidak bersemangat lagi untuk bekerja.

Ada beberapa tips menghadapi kritik dengan baik.

Pertama, jika menerima kritik dari teman kerja maka janganlah emosi. Janganlah kita membalasnya dengan melontarkan kata-kata kasar dan bersikap defensif. Sebaliknya kita harus tetap tenang. Emosi yang tinggi ketika menghadapi kritik akan membuat kritik yanng disampaikan yang sebenarnya tujuannya baik menjadi tidak tersampaikan dengan baik.

Kedua, pilahlah kritik tersebut mana yang memang ada kebenarannya. jadikanlah kritik tersebut untuk memperbaiki pekerjaan kita di masa-masa mendatang.

Ketiga, ada baiknya menanyakan kepada pengkritik apa yang menurut mereka lebih baik dari yang anda kerjakan. Ini akan membuat kita tidak emosi dan kita terlihat sebagai pribadi yang fleksibel dan dewasa dalam menerima kritik. Hal ini akan menambah nilai kita di mata sesama teman kerja atau bahkan di mata atasan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline